Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OPD di Gorontalo Diperintahkan Pacu Realisasi Program Pembangunan

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memacu pelaksanaan program pembangunan.
Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim/Antara
Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim/Antara

Bisnis.com, GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memacu pelaksanaan program pembangunan.

"Seluruh OPD harus serius, jangan sampai terjadi penumpukan pelaksanaan program pada akhir tahun. OPD harus memberikan respons cepat terhadap permasalahan di lapangan. Masih ada waktu 2,5 bulan lagi," ucapnya saat rapat koordinasi dan evaluasi di Gorontalo pada Senin (15/10/2018).

Wagub juga meminta kepada OPD provinsi, kabupaten, dan kota untuk segera merealisasikan program kegiatan yang anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Menurut dia, harus ada sinergi dan kerja sama pemerintah kabupaten dan kota untuk mengawasi optimalisasi Dana Desa, penerima bantuan langsung non tunai, maupun bantuan lainnya agar tepat sasaran, sehingga signifikan dalam menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Gorontalo.

"Sinergi sangat penting dalam pengendalian inflasi. Untuk mengendalikan inflasi kita harus senantiasa melakukan operasi pasar, subsidi kebutuhan pokok, serta sidak penyimpangan distribusi elpiji dan bahan bakar minyak," ucapnya.

Terkait dengan antisipasi dini bencana, Idris pemda kabupaten dan kota untuk mengawasi dan mengendalikan secara ketat kerusakan hutan, pegunungan, dan daerah aliran sungai.

Wagub mencontohkan perambahan tebing di sepanjang jalan di Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, yang dipaksakan menjadi lahan untuk penanaman jagung.

"Harusnya perluasan lahan pertanian ini benar-benar kita verifikasi guna menghindari terjadi bencana alam," ujarnya.

Pada rakor dan rapat evaluasi tersebut, Wagub menerima penghargaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan tahun 2017 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian yang diserahkan oleh Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper