Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liga Inggris Terlalu Cepat Digulirkan, Ini Dampaknya ke Pemain

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengatakan terlalu cepatnya Liga Primer Inggris digulirkan menjadi penyebab pemainnya kurang tajam atau cedera.
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate/Reuters-Sergio Perez
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate/Reuters-Sergio Perez

Bisnis.com, SEVILLA – Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengatakan terlalu cepatnya Liga Primer Inggris digulirkan menjadi penyebab pemainnya kurang tajam atau cedera. Dia pun mempertanyakan mengapa Liga Primer dimulai kurang dari sebulan setelah final Piala Dunia 2018.

Kompetisi tertinggi Inggris itu adalah yang paling awal dari liga-liga lain di Eropa dan dimulai pada 10 Agustus lalu, sepekan sebelum La Liga, Serie A, dan 2 pekan menjelang bergulirnya Bundesliga.

Southgate, yang timnya mencapai semifinal Piala Dunia 2018 pada Juli lalu, yakin bahwa para pemain dan timnya di liga Inggris harus membayar akibatnya karena kurang istirahat.

"Saya tidak mengerti mengapa liga kami dimulai sangat awal, tetapi itu sudah terjadi dan situasi yang sangat sulit bagi klub," kata Southgate dalam konferensi pers pada Minggu, menjelang pertandingan UEFA Nations League menghadapi tuan rumah Spanyol.

"Beberapa klub tidak bisa menurunkan pemain mereka. Lihatlah Tottenham, yang menyumbang banyak pemain di semifinal (Piala Dunia 2018) dan mereka harus diterjunkan langsung ke pertandingan, itu situasi yang tidak mungkin bagi para pelatih," paparnya.

Kapten Timnas Inggris Harry Kane, yang belum menyumbang gol dari enam pertandingan untuk tim nasional Inggris, adalah salah satu yang kurang istirahat, meski penyerang asal Tottenham itu mengaku tidak perlu waktu istirahat.

Danny Rose dan Luke Shaw adalah dua dari lima pemain yang harus absen untuk Timnas Inggris karena cedera.

"Saya kira itu lebih kepada kurangnya kebugaran psikologis daripada kebugaran fisik. Ketika Anda melihat pertandingan liga, ada banyak tim yang belum tampil bagus karena banyak pemain yang cedera," tuturnya.

Inggris berada di urutan bawah bersama Nation League Nations A Grup 4 bersama Kroasia, dengan nilai satu hasil bermain imbang 0-0, Jumat, membuat pertandingan Senin melawan Spanyol sangat penting agar tidak terdegradasi ke level B.

Menghadapi Spanyol, Southgate tanpa bek John Stones dan gelandang Jordan Henderson dan kedua pemain itu akan digantikan oleh Joe Gomez dan Harry Winks.

Southgate menegaskan bahwa ia tidak terlalu khawatir dengan kondisi timnya setelah bermain imbang dengan Kroasia, meski mereka tampil lebih dominan.

"Tidak, kekhawatiran akan terjadi jika kami tidak mampu menciptakan peluang. Yang paling penting adalah kami tampil berbahaya, mewaspadai ancaman dan mendapatkan posisi bagus untuk mencetak gol. Dengan pemain yang kami punya, jika kami terus menciptakan peluang itu, mereka akan mencetak gol," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper