Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GOP 9 Sinarmas Land Dapat Penghargaan Efisiensi Energi

Gedung Office Park (GOP) 9 Sinarmas Land mendapatkan penghargaan Efisiensi Energi kategori Bangunan Hemat Energi Gedung Hijau Besar oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, pada gelaran Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2018.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Gedung Office Park (GOP) 9 Sinarmas Land mendapatkan penghargaan Efisiensi Energi kategori Bangunan Hemat Energi Gedung Hijau Besar oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, pada gelaran Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2018.

Direktur Konservasi Energi Ditjen EBTKE Heriyanto mengatakan pemilihan GOP 9 menjadi pemenang utama karena seluruh aspek bangunan dan budaya kerja pegawai dibuat untuk mendukung efisiensi energi sesuai dengan misi pemerintah untuk mengurangi emisi karbon di Indonesia.

"Industri dipilih menjadi salah satu pihak yang dapat berkontribusi melakukan efisiensi energi dikarenakan penghematan energi di gedung berarti dapat menurunkan emisi gas rumah kaca. Emisi sejalan dengan penghematan energi yang didapat. Penghematan energi di gedung masih memungkinkan 10-30 persen, kira-kira sama dengan penurunan emisi yang dihasilkan," papar Heriyanto yang dikutip melalui keterangan resmi pada Senin (15/10/2018).

Heriyanto memaparkan Kementerian ESDM juga telah bersinergi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam membuat aturan gedung hemat energi. Diharapkan gedung-gedung di DKI Jakarta dapat mengacu pada peraturan nasional berkait pada penghematan energi nasional.

Sementara itu, Head of Sustainability Program Strategy and Monitoring PT. Sinarmas Land Ilham Wahyudi mengatakan gedung GOP 9 tersebut memang dirancang sebagai gedung hemat energi yang juga sudah mendapatkan sertifikasi dari GBCI dengan peringkat platinum.

"GOP 9 dibangun dengan memperhitungkan arah mata angin, untuk area kerja menghadap utara-selatan untuk mengurangi panas matahari, sedangkan untuk area lobby menghadap barat-timur untuk memanfaatkan ventilasi sirkulasi udara dan pencahayaan alami," papar Ilham.

Dengan konsep tersebut, lanjut Ilham, sirkulasi udara dan pencahayaan alami dapat masuk ke area lobby, koridor serta toilet sehingga dapat menggurangi penggunaan Air Conditioner (AC). Selain itu, penggunaan lampu juga tidak butuh banyak karena memperhitungkan arah bangunan yang bisa memaksimalkan cahaya matahari dan ditambah dengan banyaknya pepohonan dan kolam untuk menurunkan suhu dari luar gedung.

Dia menambahkan di area taman juga ada booth untuk mengisi ulang daya baterai telepon genggam yang memanfaatkan cahaya matahari (fotofoltaik) berkapasitas 200 watt, dan terdiri dari 12 buah stop kontak yang mampu mengisi ulang daya 60 telepon genggam per hari.

Tidak hanya gedung yang hemat energi, GOP 9 juga menerapkan budaya hemat energi untuk di lingkungan kantor yang mereka namakan green habit.

"Dari green building membentuk perilaku orangnya, green habit bagaimana dari karyawan bisa berperilaku hemat energi, kita ingin merubah pola kebiasaan karyawan disini, dengan cara mematikan lampu bila tidak digunakan, cabut colokan, program green habit sebagai dasar melihat campaign yang dilakukan Kementerian ESDM untuk mendukung zero emisi," papar Ilham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper