Cuplikan serial TV Beauty and The Beast/youtube
Health

Sindrom Wajah Singa, Seperti Ini Gejalanya

JIBI
Minggu, 14 Oktober 2018 - 20:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Pernahkah membayangkan wajah Anda tiba-tiba berubah seperti singa? Bisa jadi tak ada yang menginginkan hal itu benar-benar terjadi. Apalagi jika perubahan wajah itu merupakan sindrom kesehatan.

Tengok saja Suresh, 41 tahun, pemuda dari Tamil Nadu, India. Ia menderita sebuah kondisi medis yang langka, yakni sindrom wajah singa.

Wajah Suresh mengalami perubahan signifikan ketika dia berumur 18 tahun.

Dikutip dari mirror.co.uk, Minggu, 14 Oktober 2018, sindrom wajah singa telah membuat wajah Suresh membengkak.

Sindrom Wajah Singa, Seperti Ini Gejalanya
Besarnya perubahan ukuran wajah Suresh telah membuatnya sangat tersiksa. Selama bertahun-tahun para dokter pun tak mampu membantunya.

Sindrom wajah singa ditandai dengan tumbuhnya tulang wajah sehingga membuat muka pasien mirip singa.

Sejumlah laporan menyebut, sindrom wajah singa bisa diobati dengan memotong tulang-tulang wajah yang tumbuh. Tapi, proses ini sangat menyakitkan bagi pasien.

Suresh telah menjalani hidup dengan sindrom wajah singa selama 20 tahun.

Setiap kali ke dokter, dia hanya memperoleh kekecewaan demi kekecewaan. Namun seorang dokter bernama Sunil Richardson, memberikan harapan perubahan bagi Suresh.

"Pasien telah mengunjungi banyak rumah sakit untuk mencari pengobatan di kota-kota yang berbeda. Dia mendengar soal kraniofasial dari pasien lain dan menemui saya. Pasien berasal dari keluarga miskin dan kami merawatnya dengan gratis. Dia hanya membayar obat," kata Richardson.

Menurut Richardson, kraniofasial adalah pilihan operasi paling efektif. Ini merupakan operasi kosmetik pembentukan tanpa meninggalkan bekas luka.

Sindrom wajah singa yang dialami Suresh terjadi karena fibrous dysplasia, tulang wajah yang normal tergantikan oleh jaringan ikat yang lemah dan rentan pada pelebaran. Hal itulah yang menyebabkan leontiasis ossea atau sindrom wajah singa.

"Kondisi ini sangat jarang terjadi," ujar Richardson.

Suresh menghabiskan total 10 hari berada di rumah sakit termasuk satu hari di ICU. Beruntung dia mendapat pengobatan sebab jika tidak, kondisi medis seperti ini bisa mengganggu penglihatan, nafas dan makan.

Dalam kasus yang sangat ekstrem, sindrom wajah singa bisa mengarah pada hilangnya satu per satu panca indra dan berujung pada kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Saeno
Sumber : TEMPO.CO
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro