BP Batam Ikut Promosi dalam IMF-WBG Annual Meetings di Bali

Oleh: Sarma Haratua Siregar 12 Oktober 2018 | 16:48 WIB
BP Batam Ikut Promosi dalam IMF-WBG Annual Meetings di Bali
Delegasi Batam dipimpin Kepala BP Batam Lukita DInarsyah Tuwo (Berjas-Tengah) saat menghadiri Forum IMF-WB di Bali/Istimewa

Bisnis.com, BATAM – BP Batam turut serta dalam dalam kegiatan Forum Internasional dalam helatan Annual Meetings (AM) International Monetary Fund (IMF) – World Bank Group (WBG) di Nusa Dua Bali. Kesempatan in digunakan untuk memperkenalkan Batam di mata dunia.

“Ini merupakan moment yang sangat tepat dan penting bagi BP Batam untuk mempromosikan serta memperkenalkan Batam di mata dunia,” ujar kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo.

Selain itu kegiatan ini juga untuk melihat dan menyikapi berbagai informasi mengenai perkembangan ekonomi dunia, sehingga Batam dapat melakukan berbagai upaya dan strategi serta menggali potensinya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Batam.

Partisipasi BP Batam dalam event internasional ini merupakan langkah strategis. Menurutnya masyarakat dunia akan lebih mengenal Batam bukan hanya sebagai tempat industri dan investasi melainkan Batam saat ini sudah mulai bertransformasi menuju era yang modern dan dinamis.

Selain pembangunan infrastruktur lanjutan, BP Batam juga sedang mengembangkan e-commerce yang menjadi salah satu prioritas program pengembangan  BP Batam dalam meningkatkan statusnya sebagai kawasan perdagangan bebas terbaik di Asia.

“BP Batam juga akan mendapatkan informasi dan pengalaman, serta networking yang semakin luas melalui keikutsertaan dalam kegiatan ini,” jelasnya.

BP Batam bersama dengan BKPM menjadi salah satu instansi khusus yang turut berpartisipasi dalam mendukung kegiatan forum internasional ini. Kepala BP Batam didampingi Direktur Lalu Lintas Barang, Tri Novianta Putra, dan Kabiro Perencanaan Teknik, Tjahjo Prionggo.

BP Batam juga turut menggandeng pihak perwakilan dari Perusahaan Eco Green, Batam Shipyard Off Shore Assosiation (BSOA) dan Politeknik Negeri Batam untuk membantu mempromosikan Batam di mata dunia.

Kegiatan Annual Meetings (AM) International Monetary Fund (IMF) – World Bank Group (WBG) sendiri merupakan kegiatan pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh IMF dan WGB yang dilaksanakan setiap tahun sekali pada awal bulan Oktober.

Awalnya kegiatan ini dilakukan di Amerika Serikat selama dua tahun berturut-turut. Sedangkan untuk pertemuan berikutnya, yaitu tahun ke tiga dilaksanakan di Negara anggota terpilih. Untuk kali ini pertemuan tersebut diselenggarakan di Indonesia, yaitu di Nusa Dua Bali.

Forum pertemuan terbesar di bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan di tingkat global yang beranggotakan dari 189 negara tersebut dihadiri oleh para kepala Negara dan kepala Pemerintah dari Negara-negara di dunia, Menteri dan pejabat tinggi dari Negara-negara anggota IMF-WBG.

Selain itu kegiatan ini juga akan dihadiri lebih dari 200 orang para petinggi perusahaan asing, senior eksekutif, CEO maupun perusahaan asing, senior eksekutif, CEO maupun pengambil kebijakan dari Perusahaan-perusahaan asing yang tentunya menguasai sektor keuangan dan ekonomi dunia.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya