Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RPN Ingin Dilibatkan Program Replanting Sawit

PT Riset Perkebunan Nusantara meminta agar pemerintah melibatkan pihaknya dalam pelaksanaan program replanting atau peremajaan sawit rakyat (PSR) yang telah digulirkan sejak 2016 lalu.
Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Riset Perkebunan Nusantara meminta agar pemerintah melibatkan pihaknya dalam pelaksanaan program replanting atau peremajaan sawit rakyat (PSR) yang telah digulirkan sejak 2016 lalu.
 
Direktur Utama RPN Teguh Wahyudi mengatakan sampai saat ini realisasi PSR masih jauh dari target 2018 yang sebesar 185.000 ha.
 
"Semangat dari pemerintah sudah bagus ya, tetapi sampai sekarang ini realisasinya tidak sampai 10% akibat terkendala banyak faktor. Karena itu kami mengajukan diri untuk berpartisipasi dan terlibat dalam program ini," katanya Kamis (11/10/2018).
 
Teguh mengatakan pihaknya ingin dilibatkan dalam program PSR mulai dari pendataan, sampai proses pembibitan, yang memang menjadi fokus utama perusahaan penelitian di bawah holding PT Perkebunan Nusantara tersebut.
 
Untuk pendataan misalnya, hal ini perlu diperkuat mengingat pentingnya validasi data jumlah luas lahan kebun sawit yang akan diremajakan. Karena sampai saat ini menurut Teguh, soal pendataan ini masih belum tuntas.
 
Selain itu dia juga menekankan perlunya dukungan tenaga penyuluh pemerintah, untuk membantu para petani dalam menyiapkan segala kebutuhan persyaratan dalam mengajukan kebun sawitnya di program PSR.
 
"Kalau pembibitan ini kami sudah siapkan bibit sekitar 200.000 dari target kami 3 juta bibit," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper