Inggris Bantu Papua dan Papua Barat Rp400 Miliar

Oleh: Yanita Petriella 11 Oktober 2018 | 06:22 WIB
Inggris Bantu Papua dan Papua Barat Rp400 Miliar
Seorang bocah berpose dengan latar belakang telaga bintang di Raja Ampat, Papua Barat, Senin (2/11). Warga Raja Ampat memiliki kearifan lokal bernama \\"Sasi\\" dimana warga telah bernazar atau berjanji kepada Tuhan di gereja untuk menjaga isi laut dengan sangat baik, hal tersebut juga dimaksudkan warga sebagai bentuk cinta dan penghormatan yang tinggi terhadap alam./Antara

Bisnis.com, MANOKWARI - Pemprov Papua dan Papua Barat akan menerima bantuan dari Pemerintah Kerajaan Inggris melalui Kedutaan Besar Inggris di Indonesia senilai Rp400 miliar.

Bantuan tersebut untuk pembuatan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). 

Sekda Provinsi Papua Barat Nataniel D Mandacan mengatakan dana bantuan ini akan masuk melalui kas Negara. Nantinya akan dilakukan sidang DPR agar bisa dikucurkan ke Provinsi Papua dan Papua Barat. 

"Kami berharap ini bisa berjalan dan ini kan bisa diatur. Ini ada kriteria dapat berapa masing masing. Ini sedang dalam revisi RTRW ini. Kemudian bantuan lain, ada beberapa yang bantu baik dari luar dan dalam," ujarnya, Rabu (10/10/2018) malam.

Menurut Nataniel yang paling penting adalah penanaman dan berbagi ilmu untuk membangun Tanah Papua.

"Norwegia nanti ada lagi toh, mereka siap bantu kok," kata Nataniel.

Ketua Panitia International Conference on Biodiversity Ecotourism and Creative Economy (ICBE) 2018 Charlie Heatubun mengatakan pembuatan RTRW ini sangat kompleks dan membutuhkan biaya yang besar sehingga bantuan ini diperlukan. 

"Menyangkut tapal batas, hak ulayat, dan proses dokumen tata ruang. Kami akan siapkan tim teknis," ucapnya. 

 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya