Budaya Ini Harus Jadi Fokus dalam Pengembangan Industri

Oleh: Wibi Pangestu Pratama 11 Oktober 2018 | 20:35 WIB
Budaya Ini Harus Jadi Fokus dalam Pengembangan Industri
Aktivitas karyawan di pabrik karoseri truk di kawasan industri Bukit Indah City, Purwakarta, Jawa Barat, belum lama ini. Selain kebutuhan lapangan kerja yang semakin besar, produktivitas industri manufaktur dinilai perlu lebih digenjot guna menghindari ancaman jebakan negara berpenghasilan menengah atau middle income trap. /Bisnis-NH

Bisnis.com, JAKARTA – Budaya improvement dalam industri menjadi poin utama yang dinilai dalam kompetisi bidang improvement Opexcon 2018. Tercatat performa industri diperkirakan dapat meningkat 5%-12% dengan penerapan budaya improvement.

Hal tersebut disampaikan Dion Dewabarata, Dekan Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya, yang juga menjadi juri dalam kompetisi tersebut. Dion menilai budaya improvement tersebut penting dalam menghadapi perkembangan digitalisasi dalam industri.

Dion menjelaskan bahwa tuntutan melakukan improvement dalam industri telah ada sebelum era digitalisasi. Tetapi, dia menilai, tuntutan itu itu kini telah menjadi suatu keharusan. Budaya improvement tak lagi berada di tataran kata-kata, tapi harus masuk ke tataran tindakan.

Dion sendiri menilai budaya improvement tersebut dapat memberi keuntungan bagi perusahaan. Seluruh peserta kompetisi projek tersebut mencatatkan performa industri meningkat juga menambah profit.

"Yang kemarin kami nilai, dari tiga hari penilaian ini dampaknya luar biasa. Rata-rata projek yang masuk memiliki dampak [penghematan] miliaran, mereka bisa meningkatan performa dari perusahaan sekitar 5%-12%," tutur Dion kepada Bisnis, Kamis (11/10).

Dion menjelaskan improvement yang dilakukan dalam industri tersebut terdiri dari berbagai bentuk, yakni peningkatan kemampuan alat, efisiensi operasional dan peningkatan yang berkaitan dengan pencegahan terjadinya kerugian. Selain itu, Dion menambahkan, terdapat pula improvement yang bersifat administratif. Baginya, hal tersebut cukup menarik karena terbukti dapat memberi keuntungan bagi industri.

Kompetisi projek bidang improvement tersebut merupakan salah satu bagian dari acara Opexcon 2018 yang akan berlangsung pada 7 November 2018 di Hotel Ritz Carlton Jakarta. Penjurian akhir bagi para peserta kompetisi tersebut berlangsung 9-11 Oktober 2018 dan pengumuman berlangsung saat acara Opexcon 2018.

Editor: Maftuh Ihsan

Berita Terkini Lainnya