Tim SAR memotong besi reruntuhan bangunan untuk mengevakuasi korban di Hotel Roraroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018)./ANTARA-Basri Marzuki
Relationship

Tips Mencegah Kecelakaan Akibat Gempa dari BMKG

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Kamis, 11 Oktober 2018 - 14:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berbagi sejumlah tip penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengantisipasi kecelakaan di dalam rumah dan kantor saat terjadi gempa bumi.

Masyarakat Indonesia yang hidup pada cincin api sangat rentan dengan gempa bumi. Berikut tips penting dari BMKG yang perlu dipersiapan sebelum menghadapi gempa bumi.

1.Bangunan tahan gempa

BMKG meminta masyarakat sedari awal memahami gempabumi, dan daerah mana saja di Indonesia yang memang rawan gempa. Setelah itu, masyarakat perlu memastikan ciri rumah tahan gempa.

Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempabumi. Setelah bangunan rumah terbangun, Anda masih harus mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan agar terhindar dari bahaya gempabumi.

2.Kenali tempat kerja

Selain rumah, BMKG juga mencatat pentingnya masyarakat mengenali lingkungan tempat Anda bekerja. Misalnya, perhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempa bumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung. Anda juga perlu belajar melakukan P3K dan menggunakan alat pemadam kebakaran. Jangan lupa, catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.

3.Persiapan rutin di tempat kerja

Anda perlu melakukan persiapan rutin dan tata letak yang mudah. Misalnya, perabotan seperti lemari, kursi, meja, diatur supaya menempel pada dinding. Caranya bisa dipaku, diikat, dan lain sebagainya. Tujuannya, supaya menghindari kejatuhan, roboh, ataupun bergeser saat terjadi gempabumi. Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

4.Cegah jatuhan material

Adapun penyebab celaka yang paling banyak menimpa korban gempa bumi adalah kejatuhan material dari bangunan saat mereka berdiam. Oleh sebab itu, aturlah benda yang berat sebisa mungkin pada bagian bawah, bukan di atas. Jangan lupa, cek kestabilan benda yang tergantung karena dpaat jatuh saat gempa, misalnya lampu dan kipas angin.

5.Alat wajib di rumah dan kantor

Berikut beberapa alat wajib yang harus ada di rumah dan kantoryakni: kotak P3K; senter/lampu baterai; radio; makanan suplemen dan air yang mencukupi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro