Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Progres Lelang Jalan Tol Semarang—Demak

Badan Pengatur Jalan Tol mengestimasi proses lelang proyek jalan tol Semarang—Demak tuntas pada November 2018 sehingga pemenang bisa diketahui.
Banjir rob di Kaligawe Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (23/5/2018)./Bisnis.com-Alif Nazzala Rizqi
Banjir rob di Kaligawe Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (23/5/2018)./Bisnis.com-Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengatur Jalan Tol mengestimasi proses lelang proyek jalan tol Semarang—Demak tuntas pada November 2018 sehingga pemenang bisa diketahui.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan bahwa saat ini proses lelang masih dalam tahap penilaian prakualifikasi. Pendaftaran prakualifikasi sudah dibuka sejak 31 Juli 2018.

"Bulan ini mungkin belum bisa [diumumkan], prosesnya ada di panitia lelang. Mungkin bulan depan, November," jelasnya kepada Bisnis.com, pekan lalu.

Proyek jalan tol Semarang—Demak merupakan proyek prakarsa pemerintah (solicited project). Jalan tol ini akan dibangun sepanjang 26,80 kilometer dengan nilai investasi Rp16 triliun.

Konstruksi jalan tol yang akan dibangun juga berfungsi sebagai tanggul laut. Tanggul laut dibutuhkan untuk mengatasi banjir rob yang kerap menggenangi sebagian kawasan di Semarang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bakal mempertimbangkan penawaran terbaik dari badan usaha yang ikut lelang dalam proyek ini.

Pada umumnya, pada proyek prakarsa pemerintah, badan usaha yang mengajukan kebutuhan dukungan yang minim akan mendapat penilaian lebih baik.

Proyek jalan tol Semarang—Demak sempat dilelang pada tahun lalu. Dua konsorsium, yaitu PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk., serta PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road saat itu sudah dinyatakan lulus prakualifikasi.

Lelang terpaksa diulang karena lingkup pekerjaan proyek dipadukan dengan pembangunan tanggul laut.

Setelah lelang diulang, sebanyak empat konsorsium asing dan lokal meminati pengusahaan jalan tol Semarang—Demak.

Beberapa waktu lalu, Kepala Panitia Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol BPJT Eka Pria Anas mengatakan bahwa dari periode pendaftaran dan pengambilan dokumen prakualifikasi lelang sejak 31 Juli hingga 21 Agustus, sebanyak empat konsorsium mendaftar untuk mendapatkan hak konsesi tol tersebut.

“Ada empat konsorsium. Dua konsorsium dari China dan dua lainnya dari lokal,” kata Eka, beberapa waktu lalu.

Eka enggan memerinci perusahaan apa saja yang tergabung dalam empat konsorsium tersebut karena saat itu proses prakualifikasi proyek tengah berlangsung. Dia menargetkan hasil prakualifikasi dapat diketahui sebulan kemudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper