BI: Investasi Langsung Bisa Dorong Kapasitas Ekonomi

Oleh: Hadijah Alaydrus 09 Oktober 2018 | 11:22 WIB
BI: Investasi Langsung Bisa Dorong Kapasitas Ekonomi
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kiri) mendampingi Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde (tengah) mengunjungi korban gempa di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (8/10/2018)./ANTARA-Ahmad Subaidi

Bisnis.com, NUSA DUA--Bank Indonesia tegaskan investasi langsung dapat meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan percepatan pengembangan infrastruktur dapat mendorong kapasitas ekonomi pertumbuhan 6,5%.

"Manfaat dari infrastruktur dan pembiayaan oleh swasta termasuk dari dalam negeri ataupun asing perbaiki defisit transaksi berjalan," ungkap Perry, Kamis (9/10). 

Jika infrastruktur dikembangkan dan pembiayaan swasta untuk penamanam modal asing langsung maupun sekuritas dan instrumen pembiayaan lain, maka pemasukan modal asing akan masuk.

Terlebih lagi, dia menegaskan langkah ini ditopang oleh kebijakan konkrit pemerintah untuk turunkan defisit transaksi berjalan dan mendorong pertumbuhan ekonomi jangka menengah dan panjang.

Sebelumnya, dia menegaskan BI akan berupaya menjaga defisit transaksi berjalan agar tidak melebihi 3% pada tahun ini dan 2,5% pada tahun depan.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya