Transaksi di Jatim Fair Tembus Rp54,3 Miliar

Oleh: M. Richard 09 Oktober 2018 | 20:19 WIB

Bisnis.com JAKARTA --Mencatat nilai transaksi senilai Rp54,3 miliar, Jawa Timur Fair diharapkan juga dapat menjadi ajang bertukar pikiran antar pelaku usaha lokal.

Jatim Fair adalah ajang tahunan yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Jawa Timur yang ke-73. Pada penyelenggaraan tahun ini, Jatim Fair dikunjungi oleh lebih dari 210.900 orang dengan nilai transaksi perdagangan sebesar Rp54,3 miliar (secara tunai dan order). 

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pengusaha jangan hanya meningkatkan penjualan tetapi juga jaringan pasar.

"Harus terjadi pertukaran tidak hanya produk unggulan, tetapi juga informasi yang berpotensi memperluas jaringan pasar di tingkat domestik dan pasar global, sehingga penyelenggaraan dapat memberikan manfaat kepada rakyat Jawa Timur," katanya seperti dikutip dari pres rilis Kemendag, Selasa (9/10/2018).

Mendag mengatakan, Jawa Timur mempunyai kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia. Nilai Produk Domestik Regional Bruto pada tahun 2017 mencapai Rp1.482 triliun atau tumbuh 5,45% di atas pertumbuhan nasional yang sebesar 5,07%. 

Adapun, pertumbuhan tersebut ditunjang oleh sektor industri 30,40% dan sektor perdagangan 20,90%.

Berdasarkan data BPS, dari seluruh ekspor Indonesia yang mencapai US$164,8 miliar, Jawa Timur memberikan kontribusi sebesar 11,90% atau sebesar US$19,6miliar.

Nilai ekspor tersebut merupakan terbesar ke-2 setelah provinsi DKI Jakarta. Produk-produk asal Jawa Timur yang telah mencapai mancanegara antara lain perhiasan (batu dan logam mulia), tembaga, udang, serta minyak kelapa sawit. 

Editor: Wike Dita Herlinda

Berita Terkini Lainnya