Sunway Bidik Pasien Indonesia lewat Konsep Medical Tourism

Oleh: Choirul Anam 08 Oktober 2018 | 13:40 WIB
Sunway Bidik Pasien Indonesia lewat Konsep Medical Tourism
Jenny Soegiarto dari Pusat Layanan Informasi RS Sunway Surabaya di Malang, Minggu (7/10/2018)/Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG—Sunway Medical Centre Malaysia dengan konsep medical tourism dan multidisiplin terbesar di negara tersebut membidik pasien asal Indonesia, selain dari negara-negara lain, dan dari dalam negeri sendiri.

Jenny Soegiarto dari Pusat Layanan Informasi RS Sunway Surabaya mengatakan dengan tawaran layanan yang diberikan RS tersebut maka minat pasien untuk berobat di sana sangat besar.

“Pasien yang dirawat di RS Sunway dari Surabaya dan sekitarnya saja mencapai 100-200 orang/tahun,” katanya di Malang, Senin (8/10/2018).

Selain Surabaya,  Pusat Layanan Informasi Sunway Medical Centre juga terdapat di Bandung, Jakarta, Padang, Palembang, Pontianak, Semarang, Pekanbaru, Medan, dan Balikpapan.

Rerata per tahun pasien asal Indonesia yang merujuk ke RS Sunway, sebanyak 13.500 orang termasuk paling besar diantara pasien dari luar Malaysia disusul China, India, Banglades, Yaman, Australia, Inggris, Jepang, Somalia, dan Maladewa.

 Pasien asal Indonesia yang dirujuk ke Sunway, terutama untuk pengobatan kanker,  tulang, penyakit dalam, jantung, pencernaan, THT, syaraf, dan bedah umum.

“Dalam upaya mendorong orang untuk melakukan pemeriksaan dini, Sunway Medical Centre meluncurkan diskon 30% untuk paket pemeriksaan kesehatan dan harga spesial untuk PET Scan sampai akhir 2018,” ucapnya.

Pada November 2017, kata Senior Manager International Buisness Development Sunway Medical Centre, Ms Faith Tang dalam pernyataan resminya, RS tersebut memperkenalkan Leksell Gamma Knife Icon™, sebuah mesin radiasi yang dapat digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan neurologis dan kandisi otak yang biasanya membutuhkan bedah saraf yang terbuka.

Gamma Knife Icon™ merupakan versi terbaru yang juga memungkinkan perawatan bertahap dan fraksionasi. Secara khusus, Gamma Knife Icon Surgery merupakan suatu perawatan yang paling efektif untuk tumor otak metastatik. Tumor otak metastatik berarti kanker bagian lain dari tubuh yang telah menyebar ke otak.

Hal itu dapat digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan neurologis, termasuk metastase otak, malformasi arteriovenosa, nyeri syaraf wajah, meningioma, neuromas akustik, dan tumor hipofisis.

Konsultan Ahli Bedah Saraf dari Malaysia Ian Low dalam keterangan resminya menegaskan,stimulasi otak jaugh sangat efektif dan harus dipertimbangkan dalam perawatan untuk pasien Parkinson dan tremor.

Untuk pasien yang tidak cocok  untuk stimulasi otak jauh, mereka harus dipertimbangkan  menggunakan perawatan radio frequency lesioning (RFL), dan jika masih tidak cocok, maka bisa memanfaatkan talamoti radiosurgikal yang ada di RS tersebut.

RS Sunway berada di Sunway Resort City, sebuah lokasi yang tak jauh dari Sunway Lagoon, Sunway Hotel, Sunway Pyramid Mall, Sunway University, dan Monash University Kuala Lumpur, Malaysia, sehingga mudah dijangkau  serta  cocok untuk dimanfaatkan kegiatan bermain, berbelanja, karena berada dalam satu kota dan semuanya dapat ditempuh dengan jarak berjalan kaki, selain tawaran perawatan yang bersifat holistik.

RS tersebut memperoleh penghargaan Onkologi Pusat Terbaik di Asia Pasifik 2018. Sunway Medical Centre berafiliasi Universitas Cambridge, Rumah Sakit Papworth, Sekolah Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Jeffrey Cheah, Universitas Monash untuk lebih memenuhi tuntutan pendidikan, kedokteran, pelatihan, dan penelitian.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya