Pebisnis Umroh di Kalsel Sambut Baik Rute Banjarmasin-Jeddah

Oleh: Arief Rahman 08 Oktober 2018 | 18:30 WIB
Pebisnis Umroh di Kalsel Sambut Baik Rute Banjarmasin-Jeddah
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (baju kuning) saat mengunjungi stand Kaltrabu di even Garuda Indonesia Travel Fair Banjarmasin/Arief Rahman

Bisnis.com, BANJARMASIN- Wacana maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang ingin membuka rute Banjarmasin-Jeddah untuk mengakomodir pasar umroh di Kalsel disambut positif oleh para pebisnis umroh di Banua.

Salah satu pelaku usaha Travel Umroh di Kalsel Hj Marwiyah Zumry mengatakan, jika kebijakan tersebut jadi dilaksanakan, maka akan banyak dampak positif yang bisa didapatkan oleh jamaah umroh di Kalsel.

"Pertama tentu dari sisi waktu perjalanan. Kalau jadi rute Banjarmasin-Jeddah di buka, maka tentu waktu tempuh perjalanan umroh bisa jauh lebih dipersingkat hingga beberapa jam karena tidak perlu lagi transit ke Jakarta," ucap Owner Perjalanan Umroh dan Haji Kaltrabu tersebut, Senin (8/10/2018).

Kemudian yang kedua adalah terkait biaya yang kemungkinan bisa jauh lebih murah. Hal ini karena pihak Travel tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan perjalanan transit ke Jakarta.

"Dengan tidak ada biaya transit, maka kita bisa memberikan harga yang relatif kompetitif bagi masyarakat yang ingin melakukan ibadah umroh," katanya.

Sementara itu, Owner Wahyu Titian Insan Travel Saridi Sarimin juga menyambut positif wacana penerbangan langsung Banjarmasin-Jeddah oleh maskapai Penerbangan Garuda.

Baginya memang hal tersebut merupakan sebuah keharusan, mengingat pasar umroh di Kalsel yang tergolong besar dan bahkan sudah masuk lima besar secara nasional.

"Harusnya memang sudah dari dulu rute tersebut bisa direalisasikan. Dengan demikian maka akan sangat banyak manfaatnya baik bagi Garuda, pelaku usaha umroh hingga masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Cabang Banjarmasin Henny Nurcahyani mengakui, Provinsi Kalsel masuk lima besar untuk jemaah umrohnya selain Jakarta, Surabaya, Solo dan Makassar.

Bahkan pada Tahun 2017 lalu jumlah masyarakat yang berangkat umroh melalui Kalsel tembus diangka 11.000 jemaah. Angka ini tentunya diharapkan di Tahun 2018 ini dapat kembali mengalami kenaikan.

"Agar bisa makin memaksimalkan pasarnya di Kalsel kami berencana untuk membuka rute penerbangan langsung Banjarmasin-Jeddah. Saat ini kita sedang berusaha untuk memenuhi berbagai persyaratannya agar hal tersebut bisa diwujudkan dalam waktu dekat," pungkasnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya