Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaki Gajah di Papua Barat, Warga Diimbau Ikut Gerakan Eliminasi

Kasus penyakit filariasis atau kaki gajah di Provinsi Papua Barat cukup tinggi, dan masyarakat diimbau mengikuti gerakan eliminasi yang dilaksanakan setiap Oktober.
Penyakit kaki gajah/Antara
Penyakit kaki gajah/Antara

Bisnis.com, MANOKWARI – Kasus penyakit filariasis atau kaki gajah di Provinsi Papua Barat cukup tinggi, dan masyarakat diimbau mengikuti gerakan eliminasi yang dilaksanakan setiap Oktober.

"Kasus filariasis ada di seluruh kabupaten kota, kecuali Pegunungan Arfak. Gerakan eliminasi filariasis sudah kita mulai pada tanggal 1 Oktober," kata Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Otto Parorongan di Manokwari pada Kamis (4/10/2018).

Dia mengutarakan dalam gerakan eliminasi filariasis ini, seluruh warga dari usia 2 hingga 70 tahun wajib mengonsumsi obat untuk mencegah penularan.

Dari 12 kabupaten kota di Papua Barat, lanjutnya, Sorong Selatan menduduki urutan pertama sebagai daerah dengan kasus kaki gajah kronis tertinggi, disusul Manokwari, Teluk Wondama, Maybrat, Kabupaten Sorong, Fakfak, Manokwari Selatan, Tambrauw, Kaimana, Kota Sorong, Teluk Bintuni, dan Raja Ampat.

Di Sorong Selatan, lanjut Otto, terdapat 178 kasus kronis, Manokwari 142, Teluk Wondama 63, dan Maybrat 51 kasus.

Cacing filariasis mudah menular melalui gigitan nyamuk. "Semua jenis nyamuk bisa menularkan cacing. “Saat nyamuk menggigit orang yang mengalami kaki gajah di situlah proses penularan mulai. Cacing yang ukurannya sangat kecil menempel pada moncong nyamuk, kalau nyamuk itu menggigit orang lain maka sudah pasti dia akan tertular," kata dia lagi.

Otto menyebutkan gerakan Eliminasi Filariasis sudah dimulai pada tahun 2014. Tahun 2018 merupakan tahun keempat dan program ini akan berakhir pada 2019.

Dia menargetkan seluruh masyarakat minum obat yang disiapkan pemerintah secara gratis tersebut. Dia juga berharap seluruh kabupaten kota kecuali Pegunungan Arfak melaksanakan program pengobatan secara merata.

"Pegunungan Arfak bukan karena disana tidak ada populasi nyamuk dan tidak ada kasus. Di sana kami melaksanakan program kecacingan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler