Pameran Alutsista TNI Digelar di Alun-alun Kota Madiun

Oleh: Abdul Jalil 02 Oktober 2018 | 09:28 WIB
Pameran Alutsista TNI Digelar di Alun-alun Kota Madiun
Pesawat udara CASA NC212 Skuadron Udara 600 Wing Udara-1 dan Skuadron Udara 800 Wing Udara-2 Puspenerbal, melakukan flypass (terbang formasi) diatas kapal perang pada gladi bersih HUT ke-72 TNI di Banten, Selasa (3/10)./ANTARA-Wahyu Putro A

Bisnis.com, MADIUN – Pameran alat utama sistem pertahanan (Alutsista) TNI akan digelar di Alun-alun Kota Madiun selama tiga hari, Jumat-Minggu (5-7/10/2018). Ada seratusan Alutsista dari TNI yang akan ditunjukkan kepada masyarakat Madiun dan sekitarnya.

Danlanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal mengatakan pameran Alutsista ini digelar dalam rangka HUT ke-73 TNI. Saat ini persiapan hampir seluruhnya selesai. Pameran ini juga terbuka untuk umum dan gratis.

"Ada banyak Alutsista yang kami bawa. Silakan masyarakat untuk melihat dan belajar," kata Danlanud saat jumpa pers di ruang 13 Pemkot Madiun, Senin (1/10/2018).

Samsul menuturkan pameran ini akan dimulai pukul 13.00 WIB. Masyarakat juga dipersilakan untuk memegang dan menaiki sejumlah Alutsista kebanggaan TNI tersebut.

Ada sepuluh stan yang akan diisi TNI AU, 13 stan diisi TNI AD, dan delapan stan dari Polri. Salah satu Alutsista yang akan dipamerkan yakni pesawat AS 202 Bravo.
Selain menyuguhkan pameran alat-alat persenjataan, ujar dia, dalam pameran itu juga ada berbagai pertunjukkan seni seperti reog mini, beladiri Yongmodo, dan musik.

"Ada juga demo motor gede. Kegiatan kian menarik dengan fashion show seragam TNI dan Polri. Sejumlah anggota TNI juga bakal untuk kebolehan bermusik," terang dia.

Kegiatan hari ketiga akan dibuka dengan car free day, lomba, pagelaran reog dari anggota, dan seremonial.

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, mengatakan pameran Alutsista ini tidak hanya sebagai ajang hiburan saja, melainkan juga sebagai wahana edukasi. Banyak pengetahuan yang dapat dipetik. Masyarakat bisa langsung bertanya kepada anggota yang menjaga Alutsista.

Sumber : JIBI/Solopos

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya