Danamon Lepas 70% Saham Adira Insurance

Oleh: Nirmala Aninda 27 September 2018 | 14:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Danamon Indonesia Tbk. telah melakukan penandatanganan perjanjian penjualan dan penyertaan saham bersyarat (conditional sales and subscription agreement/CSSA) dengan Zurich Insurance Company Ltd untuk penjualan 70% kepemilikan saham pada PT Asuransi Adira Dinamika. 

Saham tersebut dijual dengan harga sekitar Rp3,9 triliun. Dengan transaksi ini, Zurich akan menjadi perusahaan asuransi umum patungan terbesar di Indonesia. 

Direktur Utama Bank Danamon Sng Seow Wah mengatakan, kemitraan strategis dengan Zurich akan membuka akses bagi nasabah Danamon Group ke beragam produk yang terbaik dari insititusi global terkemuka. 

Menurutnya, Adira Insurance merupakan bagian yang penting dari Danamon Group. Dengan kinerja manajemen yang baik, Sng Seow Wah mengungkapkan Adira Insurance kini menjadi penyedia layanan asuransi umum terbesar nomor enam di Indonesia.  

"Sebagai bagian dari Zurich Group, kami yakin Adira Insurance akan terus tumbuh dan memberikan layanan komprehensif kepada nasabah," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (27/9/2018). 

Dalam klausul transaksi, Zurich akan membeli secara total 80% kepemilikan saham pada Adira Insurance dari Bank Danamon sebesar 70% dan pemegang saham minoritas sebesar 10%. 

Zurich merupakan salah satu kelompok perusahaan asuransi terkemuka di dunia dan investasinya di Adira Insurance akan memungkinkan Adira Insurance untuk memanfatkan kekuatan finansial, keahlian produk dan underwriting, serta kemampuan digital Zurich untuk pertumbuhan perusahaan. 

Chief Executive Officer Zurich untuk Asia Pasifik Jack Howell mengatakan, Zurich telah menjadikan Asia Pasifik sebagai mesin pertumbuhan utama untuk grup, dan Indonesia adalah pasar utama penggerak bisnis. 

Transaksi hari ini membuktikan komitmen kami kepada Indonesia dan merupakan peluang yang baik untuk memperluas keberadaan kami di wilayah ini, dan membantu lebih banyak lagi nasabah untuk memenuhi kebutuhan asuransi mereka," kata Howell. 

Jika transaksi selesai sesuai target pada kuartal IV/2018, 80% saham Adira Insurance menjadi milik Zurich  dan 20% menjadi milik Bank Danamon.

Editor: Farodlilah Muqoddam

Berita Terkini Lainnya