Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Bekukan Kegiatan Usaha PT Evolusi Finansial

Otoritas Jasa Keuangan membekukan kegiatan usaha PT Evolusi Finansial Indonesia karena tidak memenuhi sejumlah ketentuan di bidang perusahaan pembiayaan.

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan membekukan kegiatan usaha PT Evolusi Finansial Indonesia karena tidak memenuhi sejumlah ketentuan di bidang perusahaan pembiayaan. 

Dikutip dari pengumuman di website OJK pada Kamis (20/9/2018), keputusan tersebut dituangkan dalam Surat Nomor S-475/NB.2/2018 dan S-476/NB.2/2018 tanggal 28 Agustus 2018 dan ditandatangi oleh Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank II OJK, Moch Ihsanuddin. 

Berdasarkan hasil monitoring OJK, PT Evolusi Finansial Indonesia belum memenuhi sejumlah pasal dalam POJK Nomor 29/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, hingga batas waktu yang ditentukan telah berakhir. Sejumlah pasal tersebut yakni, pasal 11 ayat (1), pasal 25 ayat (1), pasal 26 ayat (1), pasal 31 ayat (3), pasal 37 ayat (2), dan pasal 38 ayat (1). 

Pelanggaran yang dilakukan PT Evolusi Finansial Indonesia di antaranya, tidak melakukan langkah-langkah tindak lanjut sesuai rekomendasi yang terdapat dalam laporan hasil pemeriksaan, tidak memenuhi persyaratan tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat.

Selain itu, perusahaan juga tidak memenuhi rasio permodalan minimal 10%, nilai piutang pembiayaan bermasalah setelah dikurangi cadangan penyisihan penghapusan piutang pembiayaan lebih dari 5% dari total piutang pembiayaan. 

Dengan dibekukannya kegiatan usaha tersebut, maka PT Evolusi Finansial Indonesia dilarang melakukan kegiatan usaha di bidang perusahaan pembiayaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper