Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Festival Ikan Guppy Terbesar Digelar 3-4 November

Kota Yogyakarta menjadi tuan rumah Guppy International Festival 2018 pada 3 hingga 4 November 2018 yang ditargetkan menjadi perhelatan fetival ikan guppy terbesar di dunia.
Ikan guppy yang ditempatkan dalam aquascape./JIBI-Sunaryo Haryo Bayu
Ikan guppy yang ditempatkan dalam aquascape./JIBI-Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Kota Yogyakarta menjadi tuan rumah Guppy International Festival 2018 pada 3 hingga 4 November 2018 yang ditargetkan menjadi perhelatan fetival ikan guppy terbesar di dunia.

Chief of Guppy International Festival 2018, Singgih Setiarso di Yogyakarta, Kamis (20/9/2018), mengatakan festival yang akan digelar oleh Indonesia Guppy Popularize Association (IGPA) Yogyakarta di Plaza Ngasem Yogyakarta itu akan menjadi ajang pertemuan pehobi ikan guppy dari seluruh dunia.

"Festival ini juga mempertemukan sektor budaya Yogyakarta dan komunitas ikan guppy sebagai satu entitas masyarakat Yogyakarta yang tidak bisa dipisahkan," tambah Singgih.

Menurut dia, festival itu akan memperkenalkan format baru dalam menggelar kontes ikan guppy yang selama ini tidak dilakukan oleh komunitas ikan guppy di dunia.

Pada festival ini, IGPA Yogyakarta tidak hanya menyuguhkan penampilan terbaik ikan guppy dari seluruh dunia untuk berkompetisi. Pada gelaran ini, seluruh pecinta dan pehobi ikan guppy se-dunia akan disuguhi beberapa agenda yang selama ini tidak pernah muncul dalam pagelaran kontes ikan guppy, di antaranya Bussines Forum, Buyers & Breeder Meeting, Exhibition dan Kontes Ikan Guppy dengan total hadiah sebesar 2.500 dolar Amerika Serikat.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Yunianto Dwisutono berharap festival itu menjadi titik tolak peningkatan kualitas ikan guppy yang diproduksi oleh anak bangsa.

Menurut dia, festival itu sangat kental dengan nilai sejarah dan budaya dari Yogyakarta yang salah satunya adalah pemilihan Plaza Ngasem Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan.

Plaza Ngasem Yogyakarta berada di lingkungan kawasan Taman Sari yang merupakan salah satu wisata legendaris di Yogyakarta. Plaza Ngasem yang dahulu dikenal sebagai Pasar Ngasem adalah pasar tradisional yang khusus menjual hewan peliharaan di Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua IGPA Akhmad Taufik Shaleh mengatakan pemilihan ikon gunungan untuk Guppy International Festival 2018 menjadi sarat akan makna nilai filosofis yang tidakbsederhana. Gunungan adalah manifestasi dari filosofi luhur terkait kehidupan manusia yang paling mendasar yaitu siklus kehidupan dan kesuburan bumi.

"Inilah yang menjadi semangat Guppy International Festival 2018 sebagai titik tolak menjadikan Indonesia menjadi salah satu pusat ikan guppy dunia," kata Taufik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper