Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Ambon Segera Dilengkapi Layanan Ekspor Terpadu

PT Pelindo IV cabang Ambon menyiapkan layanan "One Stop Service" untuk mendukung proses ekspor langsung dari pelabuhan Yos Sudarso Ambon.
Kapal milik PT Pelni KM Gunung Dempo di Pelabuhan Ambon. /Antara
Kapal milik PT Pelni KM Gunung Dempo di Pelabuhan Ambon. /Antara

Bisnis.com, AMBON – PT Pelindo IV cabang Ambon menyiapkan layanan "One Stop Service" untuk mendukung proses ekspor langsung dari pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

"Kami berupaya menyiapkan layanan untuk menunjang proses ekspor langsung, yakni penyiapan ruang bagi eksportir untuk mengurus bea cukai, karantina dan layanan lainnya," kata General Manager PT Pelindo IV cabang Ambon, Adi Novi Wahyudi, dikonfirmasi, Rabu (19/9/2018).

Ia mengatakan, ekspor langsung melalui Makassar merupakan perintah langsung dari Direksi Pelindo, dengan menunjuk langsung tim untuk menangani konektivitas.

"Tugas kami jika ada komoditi kami akan siapkan feeder (kapal), tetapi jika belum ada kapal maka minimal harus ada 30 kontainer baru proses ekspor langsung dapat dilakukan," katanya.

Penunjukan tersebut kata Adi, dibutuhkan fasilitas pendukung yang disiapkan guna proses bongkar muat di pelabuhan laut yang merupakan tempat sandar kapal sekaligus aktivitas bongkar muat barang ekspor maupun impor.

Saat ini fasilitas plugging di pelabuhan Yos Sudarso Ambon juga pelabuhan Tual sebanyak 46 unit.

Fasilitas penunjang seperti terminal tempat penimbunan peti kemas, kantor bea cukai serta pabean, serta Sucofindo juga siap mendukung proses ekspor langsung.

Selain itu, pihaknya telah siapkan reefer container yakni jenis container yang dilengkapai dengan pendingin atau refrigeration unit tertutup, guna penyiapan barang ekspor yang tahan dingin untuk perjalanan panjang.

"Proses ekspor langsung mengefisienkan waktu dan biaya ekspor dengan barang yang tetap terjaga, karena itu seluruh fasilitas harus mendukung proses tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, selama ini hanya satu atau dua kontainer yang dikirim via Surabaya dan Jakarta, sementara dari Ambon belum dilakukan tetapi status ekspor melalui Ambon.

"Pengiriman satu atau dua kontainer tidak mungkin kita datangkan kapal karena biayanya terlalu tinggi. Prinsipnya kita telah mengajak semua ekportir bukan hanya Ambon tetapi Tual untuk mengumpulkan komoditi dan Ambon menjadi hub pengumpul," tandas Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler