Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendagri: Tokoh Agama dan Tokoh Adat Kunci Stabilitas Nasional

Tjahjo menegaskan bahwa tokoh agama dan tokoh adat adalah kunci utama dalam menjaga stabilitas nasional.
Mendagri Tjahjo Kumolo/JIBI/BISNIS/Rahmad fauzan
Mendagri Tjahjo Kumolo/JIBI/BISNIS/Rahmad fauzan

Bisnis.com, JAKARTA – Tokoh agama dan tokoh adat memiliki posisi penting dalam menjaga stabilitas nasional.

Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri  sekaligus Ketua Badan Nasional Pengelola Perbatasan Tjahjo Kumolo saat menghadiri Acara Silaturahmi Gubernur NTT bersama Uskup, Imam, Biarawan, dan Biarawati se-Keuskupan Atambua.

Tjahjo menegaskan bahwa tokoh agama dan tokoh adat adalah kunci menjaga stabilitas nasional.

"Kehadiran tokoh agama dan tokoh adat di dalam lingkungan masyarakat adalah kunci menjaga stabilitas. Pak Gubernur tidak cukup berkomunikasi dengan Forkopimda saja, peran tokoh agama dan tokoh adat itu yang menjadi kuncinya," ungkap Tjahjo di dalam keterangan tertulis, Rabu (19/9/2018).

Tjahjo kemudian menjelaskan bahwa peran penting tokoh agama dan tokoh adat tidak hanya sebatas menjaga stabilitas, melainkan juga ikut memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasan terkait kemajuan jalannya pemerintahan.

"Tokoh agama dan tokoh adat harus aktif menyuarakan aspirasi, setiap agama dan setiap suku adat pasti Pemerintah berikan ruang seluas – luasnya untuk dapat memberikan masukan demi kemajuan bangsa Indonesia," jelasnya.

Selain menyuarakan aspirasi dan sumbangsih pemikiran, Tjahjo juga berharap tokoh agama dan tokoh adat dapat mengawal bersama jalannya organisasi masyarakat.

"Saya menitipkan pesan dan berharap agar tokoh agama dan tokoh adat dapat ikut serta mengawasi dan mengawal jalannya kegiatan organisasi masyarakat yang ada di sekitar kita. Dari total 390 ribu lebih ormas yang tercatat oleh Pemerintah ada banyak lagi ormas yang belum tercatat namun sudah beraktivitas, hal tersebut harus kita waspadai bersama," tutur Tjahjo.

Dia menyampaikan bahwa TNI dan Kepolisian yang memiliki jejaring hingga tingkat desa akan setiap saat menjalankan fungsinya.

"Mari kita manfaatkan sebaik - baiknya pelayanan yang sudah diberikan oleh TNI dan Polri yang memiliki jejaring sampai tingkat desa. Laporkan segala hal yang tidak sesuai dengan aturan, sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya kita ikut serta dan aktif," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper