Ilustrasi/Healthcareaboveall
Health

Cara Gampang Mengetahui Garam Beryodium atau Tidak

Newswire
Selasa, 18 September 2018 - 16:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak semua garam yang beredar di pasaran mengandung yodium, sehingga kita perlu mengenali garam yang kita beli mengandung yodium atau tidak, menurut praktisi Garam Beryodium dari Nutrition International Rozy Afrizal Jafar.

 "Ada alat yang berisi amilum. Garam akan berubah menjadi ungu kalau memang mengandung yodium. Namun alat ini tidak bisa memantau 30 ppm atau tidak," ujar dia dalam media briefing "Intervensi Gizi Spesifik dalam Upaya Pencegahan Stunting" di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Amilum merupakan karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. Wujudnya berupa bubuk putih, tawar dan tidak berbau. Zat ini dihasilkan tumbuhan untuk menyimpan kelebihan glukosa dalam jangka panjang.

Ada satu tumbuhan yang bisa digunakan untuk membantu menguji ada tidaknya kandungan yodium pada garam, yakni singkong. Bagaimana cara mengujinya?

 "Parut singkong, cairan (dari hasil parutan) diteteskan ke garam. Bila garam berubah jadi ungu berarti mengandung iodium," kata Rozy.

 Selain itu, teliti memeriksa kemasan garam juga bisa kita lakukan agar tak salah membeli garam bodong atau tak mengandung yodium.

"Pada garam bodong, ditulis SNI dan ppm (30) tetapi tidak ditulis alamat pabrik. Kadang hanya tertulis Jawa Tengah saja, tetapi tidak ada alamatnya," kata Rozy.

Para ahli kesehatan menganjurkan kita mencukupi asupan garam beryodium harian yakni 8 mg per hari agar tak mengalami sederet masalah kesehatan mulai dari gondok hingga gangguan pertumbuhan fisik dan kognitif pada anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro