Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Universitas Negeri Malang Terima Pendanaan US$48,2 Juta dari IsDB

Universitas Negeri Malang menjadi salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan pendanaan Project 4 in 1 dari the Islamic Development Bank (IsDB). Dalam Konsorsium 4 in 1, Universitas Negeri Malang mengemban tugas menjadi Pusat Unggulan (Center of Excellence) bidang Learning Innovation dan memperoleh pendanaan sebesar US$48,2 juta.
Universitas Negeri Malang/infokampus.net
Universitas Negeri Malang/infokampus.net

Bisnis.com, JAKARTA - Universitas Negeri Malang menjadi salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan pendanaan Project 4 in 1 dari the Islamic Development Bank (IsDB).

Dalam Konsorsium 4 in 1, Universitas Negeri Malang mengemban tugas menjadi Pusat Unggulan (Center of Excellence) bidang Learning Innovation dan memperoleh pendanaan sebesar US$48,2 juta.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menegaskan bahwa pendanaan 4 in 1 IsDB di Universitas Negeri Malang (UM) harus dimanfaatkan sebaik mungkin, tidak hanya digunakan untuk membangun fasilitas fisik namun juga memperkuat kualitas sumber daya manusia di UM.

“Kita semua berharap investasi ini menjadi modal sebagai upaya meningkatkan daya saing bangsa dalam memasuki era Revolusi Industri 4.0. Perguruan tinggi perlu terus berupaya meningkatkan sinergi dengan pelaku industri dan masyarakat. Sinergi ini akan memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa dan menjawab permasalahan yang dihadapi bangsa,” ujar Menteri Nasir pada acara Groundbreaking Pembangunan Gedung Kuliah Bersama UM, Malang, Senin, (17/9/2018) seperti dikutip dari keterangan resmi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diterima Bisnis.

Nasir juga mengatakan Universitas Negeri Malang memiliki potensi besar untuk berperan bagi Indonesia menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.

"Oleh karena itu, inovasi pembelajaran yang menjadi fokus UM sangat strategis dalam memajukan pendidikan dan akan mendorong produk-produk hasil-hasil penelitian dapat diterapkan di dunia pendidikan dan masyarakat," tuturnya.

Nasir turut memaparkan bahwa revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan besar di berbagai bidang kehidupan, termasuk di sektor pendidikan. Sistem pembelajaran konvensional akan bertransformasi ke arah ‘online learning’. Oleh karena itu UM yang menjadi Pusat Unggulan di bidang Learning Innovation harus bisa menggali riset yang dapat menjawab tantangan pembelajaran di era revolusi 4.0.

“Ke depan akan terjadi classroom-less dan borderless. Melalui sistem pembelajaran daring, satu professor dapat mengajar seribu mahasiswa. Mahasiswa nantinya tidak akan terpengaruh dosen, mahasiswa bisa memilih dosen yang sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, melalui Project 4 in 1 IsDB ini saya harap UM dapat menjadi ‘leader’ di bidang ‘learning innovation’,” tandas Nasir.

Rektor Universitas Negeri Malang (UM) AH. Rofi'uddin yang hadir pada kesempatan itu turut mengatakan bahwa program dalam Project 4-in-1 IsDB UM senilai US$48,2 juta tersebut akan dimanfaatkan untuk komponen ‘hard program’ dan ‘soft program’.

Komponen ‘Hard Program’ meliputi pembangunan dua gedung kuliah bersama dan infrastrukturnya, pengadaan alat dan perangkat laboratorium, serta pengadaan buku dan jurnal ilmiah. Sedangkan komponen Soft Program meliputi program beasiswa doktoral ke luar negeri , program non-gelar dalam dan luar negeri, pengembangan kurikulum, program transfer kredit, program akreditasi internasional, hibah penelitian, dan, konsorsium penelitian.

Dua gedung yang dilakukan peletakan batu pertama merupakan Gedung Kuliah Bersama atau Integrated Classroom Buildings. Menempati lahan seluas 3,4 Ha dan memiliki luas lantai total 44.917 m2, dengan luas lantai yang hampir sama, masing-masing gedung tersebut akan dibangun 9 lantai dengan layout yang saling berhadapan.

Rofi’uddin menambahkan sasaran utama Project 4-in-1 IsDB di UM adalah revitalisasi Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) untuk mendukung penguatan daya saing bangsa.

“Oleh karena itu, melalui Project 4-in-1 IsDB ini, UM sebagai Center of Excellence untuk LPTK di Indonesia akan dan terus mempertajam kompetensi lulusan tidak hanya kompetensi yang dipersyaratkan oleh Undang-Undang tentang Guru dan Dosen, namun juga mengacu pada AQRF (Asean Qualification Reference Framework),” ujar Rofi’uddin.

Residence Representative of South East Asia Regional Hub IsDB, Ibrahim Ali Shoukry mengatakan bahwa IsDB berperan aktif mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui pendidikan tinggi.

Ibrahim juga menuturkan bahwa IsDB telah bekerjasama dengan 50 perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta. Project 4 in 1 di UM diharapkan dapat menghasilkan riset dalam bidang inovasi pembelajaran untuk mendukung Sustainable Development Goals di Indonesia. Project 4 in 1 ini menyediakan fasilitas pendidikan yang mumpuni untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif.

Tiga perguruan tinggi lainnya yang masuk dalam Project 4 in 1 IsDB adalah Universitas Jember, Universitas Mulawarman dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Setiap perguruan tinggi memiliki Center of Excellence (CoE) dengan tema spesifik yang harus dikembangkan berdasarkan kekuatan dan potensinya.

Universitas Jember akan mengusung CoE untuk Bio-Technology, Universitas Mulawarman akan membangun CoE untuk Tropical Studies, sedangkan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa akan menjadi CoE untuk Food Security.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper