Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Ternyata Dukung Sandiaga Uno, Tahun Lalu

Meski sempat menyentil, Gubernur Jabar Ridwan Kamil ternyata memiliki kedekatan khusus dengan bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Istri saat menonton laga Persib/Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Istri saat menonton laga Persib/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG—Meski sempat menyentil, Gubernur Jabar Ridwan Kamil ternyata memiliki kedekatan khusus dengan bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno.

Ridwan Kamil [Emil] mengaku dirinya dan Sandiaga bersahabat begitu pun istri mereka masing-masing. “Beliau sahabat saya, dan istrinya juga sahabat istri saya,” kata Emil di MUI Jabar, Bandung, Jumat (14/9/2018) pagi.

Emil mengaku publik tidak banyak mengetahui bahwa dirinya dan Sandiaga adalah sahabat. Bahkan ada kedekatan dan peran khusus dirinya saat Sandiaga mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta 2017 lalu.

"Orang banyak yang tidak tahu. Saya membantu beliau saat mau jadi wagub DKI Jakarta, saya beri nasihat dua sampai tiga kali. Istrinya juga main ke pendopo," ungkapnya.

Emil mengaku memberikan sejumlah tips khusus kepada sahabatnya itu untuk bisa memenangkan Pilgub DKI.

"Saya bilang, Kang, kalau mau menang, gini gini gini. Saya kasih tips-tips ke beliau. Itu bagaimana saya menghormati beliau,” ujarnya. 

Karena itu, terkait keinginan Sandiaga untuk bertemu, Emil meresponsnya dengan baik. “Pak Sandi Uno saya tunggu di Bandung, dengan senang hati,” katanya.

Sebelumnya, keduanya sempat berbalas argumen terkait kepala daerah yang menjadi juru kampanye atau tim sukses. Sandiaga Uno menyatakan gubernur seharusnya fokus dalam menjalankan tugasnya membangun daerah, bukan ikut-ikutan dalam pemenangan salah satu pasangan di Pilpres 2019. Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun memberikan tanggapannya.

"Pak Sandiaga Uno yang terhormat, tolong sebelum memberikan statemen, berkaca pada pengalaman pribadi dulu. Pada 2018, Pak Sandiaga Uno datang ke Jateng jadi jurkam Sudirman Said. Datang masuk ke Priangan jadi jurkam pasangan Asyik (Sudrajat-Syaikhu)," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Rabu (12/9).

Ridwan Kamil mengatakan saat mendatangi dua lokasi kampanye tersebut, Sandiaga saat itu masih berkapasitas sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Yang penting mah tidak melanggar aturan hukum, dan jangan bawa-bawa nama institusi dan jabatan. Tolong melihat pada pengalaman pribadinya," katanya.

Sandiaga Uno pun meluruskan pernyataannya terkait kepala daerah yang harus fokus pada tugas dan kewajibannya dengan tidak ikut dalam ajang pemilihan presiden 2019. 

Menurut Sandi, pernyataan yang dia lontarkan itu ditujukan untuk kepala daerah yang berasal dari koalisi Prabowo-Sandi dan bukan bermaksud menyindir Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. "Jadi, jangan sampai ada salah paham. Jangan saling balas di media pula," ujarnya di Bandung Barat, Kamis (13/9/2018) seperti ramai diberitakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper