Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Umat Islam Bertanggung Jawab Lebih Besar Jalankan Pancasila

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sejalan dengan nilai-nilai Islam. Oleh karena itu,  umat Islam memiliki tanggung jawab lebih besar untuk memastikan berjalannya nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDA ACEH - Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sejalan dengan nilai-nilai Islam. Oleh karena itu,  umat Islam memiliki tanggung jawab lebih besar untuk memastikan berjalannya nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI Asal Aceh HM Nasir Djamil di Banda Aceh, Rabu (12/9/2018).

Anggota Komisi III DPR RI itu juga mengatakan, nilai-nilai yang sejalan dengan Islam tersebut karena setiap poin dari lima sila Pancasila tersebut terinspirasi dari ajaran Islam.

"Sila-sila yang ada dalam Pancasila terinspirasi dari ajaran-ajaran Islam yang memang sudah hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun lalu," ujar dia.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mencontohkan sila pertama Pancasila dengan jelas disebutkan bahwa Indonesia ini adalah negara berketuhanan, bukan negara ateis atau tidak percaya Tuhan.

"Sila ini dengan tegas menunjukkan bahwa agama adalah elemen penting untuk menopang keberlangsungan perjalanan bangsa Indonesia," kata Nasir Djamil.

Sila kedua Pancasila yang menyebutkan kemanusiaan yang adil dan beradab, juga sangat sejalan dengan nilai Islam. Islam hadir untuk memanusiakan manusia dan memberikan rasa keadilan bagi seluruh manusia.

Begitu juga dengan sila ketiga, kata dia, seluruh rakyat Indonesia terus menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Amanat persatuan ini merupakan ajaran fundamental Islam yang tertuang dalam Al Quran.

"Termasuk juga dua sila lainnya. Jadi, semua butir yang ada dalam Pancasila tersebut terinspirasi dari nilai-nilai Islam," pungkas Nasir Djamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper