Universitas Lambung Mangkurat Berencana Dirikan Pusat Studi Jepang

Oleh: Newswire 11 September 2018 | 12:51 WIB
Universitas Lambung Mangkurat Berencana Dirikan Pusat Studi Jepang
Universitas Lambung Mangkurat/ulm.ac.id

Bisnis.com, BANJARMASIN - Kalimantan Selatan sedang berproses menuju pendirian pusat stydi Jepang.

Hal itu terjasi seiring penandatanganan kesepakatan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dengan Nihon University dari Jepang.

Universitas Lambung Mangkurat dan  Nihon University telah menandatangani Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait rencana pendirian Pusat Sudi Jepang tersebut.

"Semoga dengan kerja sama ini rencana kami mendirikan Pusat Studi Jepang terwujud dalam waktu dekat," kata Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi di Bqnjarmasin, Selasa (11/9/2018).

Rektor membeberkan kelak keberadaan Pusat Studi Jepang diharapkan menjadi cikal bakal pembukaan Program Studi Bahasa Jepang di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM.

"Tren mempelajari bahasa asing oleh generasi muda semakin tinggi. Contohnya di SMKN 4 Banjarmasin ada mata pelajaran Bahasa Jepang. Tentu ini sangat kita dukung dan ULM siap mencetak guru pendidikan Bahasa Jepang ke depannya," tuturnya.

Namun Rektor juga menekankan untuk mempelajari suatu bahasa asing tidak sekadar sebuah tutur bahasanya tetapi juga harus tahu dan memahami adat dan budaya negara tersebut.

"Seperti Jepang, banyak ragam budayanya yang bisa dipelajari, termasuk perkembangan kulinernya juga sangat bagus," beber Sutarto.

Penandatanganan kerja sama antara ULM dan Nihon University dan ULM digelar di sela Kuliah Umum Literasi and Arts FKIP ULM "Promosi Seni Budaya Indonesia dan Jepang" dilakukan oleh rektor ULM bersama Prof Kiyomi Yamashita dari Nihon University.

Acara tersebut juga diisi penampilan seni budaya antar kedua negara, Jepang dan Indonesia. Alhasil, gedung Rektorat ULM lantai 1 pun nampak meriah dengan penampilan beragam atraksi seni budaya dari Jepang juga seni tari adat Banjar dan Dayak khas suku di Pulau Kalimantan Selatan.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM Prof Dr H Wahyu MS menuturkan, dalam MoU disepakati akan ada pertukaran mahasiswa, penelitian hingga pengabdian masyarakat dan sebagainya.

"Kerja sama ini dalam rangka meningkatkan reputasi lembaga. Tentunya kita dapat meningkatkan mutu pembelajaran melalui dosen-dosen yang dikirim belajar ke Jepang atau sebaliknya juga bagi Nihon University," papar Wahyu.

Kemudian di samping itu promosi seni budaya menjadi nilai tambah dari kerja sama yang terjalin. Nihon University mempromosikan budaya Jepang dan ULM bisa mengenalkan budaya Indonesia khususnya Kalsel di Negeri Sakura.

Sumber : Antara

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya