Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sedikitnya 76.000 Sertifikat Ekspor Ikan Diterbitkan Setiap Tahun

Balai Karantina Ikan dan Pengembangan Mutu (BKIPM) mengungkapkan setiap tahun menerbitkan 76.000 sertifikat ekspor baru untuk para supplier. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu kualitas hasil ekspor perikanan.
Tengah Kepala Pusat Pengembangan Mutu BKIPM Widodo Sumiyanto
Tengah Kepala Pusat Pengembangan Mutu BKIPM Widodo Sumiyanto

Bisnis.com, SEMARANG - Balai Karantina Ikan dan Pengembangan Mutu (BKIPM) mengungkapkan setiap tahun menerbitkan 76.000 sertifikat ekspor baru untuk para supplier. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu kualitas hasil ekspor perikanan.

 

Kepala Pusat Pengembangan Mutu BKIPM Widodo Sumiyanto menuturkan, adanya sertifikat sangat penting untuk menambah kepercayaan konsumen luar negeri mengenai produk perikanan nasional. 

 

"Kami setiap tahun menerbitkan 76.000 sertifikat guna memudahkan para supplier melakukan aktivitas ekspor perikanan. Jaminan mutu internasional mutlak dilakukan untuk menjaga kualitas hasil perikanan," kata Widodo Senin (10/9/2018).

 

Widodo mengungkapkan, Amerika Serikat dan China merupakan pasar terbesar ikan. Pasalnya, kedua negara tersebut menyumbangkan kontribusi cukup besar yakni 30% untuk Amerika Serikat dan 12% untuk China baru diikuti negara lain seperti Jepang dan beberapa negara Eropa.

 

Menurutnya, kelengkapan dokumen dari hulu sampai hilir menjadi syarat yang harus dipatuhi para supplier untuk melakukan aktivitas ekspor perikanan ke 122 negara tujuan.

 

"Seiring dengan perketatan aturan yang ditetapkan oleh BKIPM ekspor perikanan alami tren positif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa negara baru yang menjadi tujuan ekspor," ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala BKIPM Semarang Raden Gatot Perdana menyambut baik adanya sertifikat ini. Sebab, sertifikasi bisa mendongkrak eskpor perikanan secara nasional, karena para konsumen diluar negeri semakin percaya terhadap produk ikan asli Indonesia.

 

Dikatakan Gatot, BKIPM Semarang telah melakukan pendampingan kepada supplier untuk menjaga kualitas produk perikanan yang akan di ekspor. Adapun, BKIPM Semarang telah melakukan sertifikasi terhadap 23 supplier ini lebih dari target yang telah ditetapkan yakni 9 supplier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper