Giling Tebu PTPN XI Diperkirakan Rampung November 2018

Oleh: Peni Widarti 10 September 2018 | 20:18 WIB

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI memperkirakan proses giling tebu tahun ini bakal rampung pada November mendatang.

 

Direktur Komersil PTPN XI, Sucipto Prayitno mengatakan pasokan tebu di wilayah timur masih cukup banyak sehingga diperkirakan selesai giling pada November.

 

"Sedangkan di wilayah barat seperti Madiun itu memang tebunya tidak banyak jadi hampir selesai. Di sana ada 4 PG, di mana 3 PG yakni PG Rejosari, Pagotan dan Sudono sudah selesai giling, tinggal PG Purwodadi," jelasnya seusai penandatanganan kerja sama PTPN XI dengan Peruri, Senin (10/9/2018).

 

Dia mengatakan sejauh ini progres giling 2018 cukup baik, bahkan rerata rendemen yang dimiliki bisa mencapai di atas 7% atau sekitar 7,21%, ditambah lagi musim yang sedang bagus sehingga mempengaruhi kualitas tanaman tebu.

 

"Sampai saat ini secara keseluruhan PG sudah mencapai lebih dari 50% proses giling tebu," imbuhnya.

 

Adapun tahun ini PTPN XI menargetkan produksi gula pada musim giling tahun ini mencapai 347.000 ton gula. Jumlah tersebut meningkat 35.000 ton dari tahun lalu yang hanya sekitar 312.000 ton. Sedangkan jumlah tebu yang digiling tahun ini yakni 4,6 juta ton.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya