Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Facebook dan Instagram Berkontribusi Sebarkan Konten Negatif

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengungkapkan layanan media sosial Facebook dan Instagram masih berkontribusi besar dalam menyebarkan berita palsu (hoax) dan konten negatif di dunia maya.
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengungkapkan layanan media sosial Facebook dan Instagram masih berkontribusi besar dalam menyebarkan berita palsu (hoax) dan konten negatif di dunia maya.

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu mengatakan Kemenkominfo telah menerima aduan masyarakat mengenai konten negatif pada layanan Facebook dan Instagram sebanyak 1.103 laporan hanya pada bulan Juli 2018. Sementara itu, aduan dari masyarakat mengenai konten negatif di layanan media sosial Twitter ada 299 aduan pada bulan Juli 2018.

"Selama Juli 2018 pelaporan konten negatif di media sosial Facebook dan Instagram mencapai 1.103 laporan. Sementara Twitter 299 laporan dan Youtube serta Google ada 13 laporan," tuturnya kepada Bisnis, Senin (10/9/2018).

Menurutnya, Kemkominfo tidak akan berhenti untuk terus menyaring seluruh konten negatif, terutama beria hoax yang beredar di dunia maya tersebut. Dia mengaku khawatir konten negatif dan berita hoax itu akan dimanfaatkan pihak-pihak tertentu, terlebih saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 berlangsung.

"Kami akan terus melakukan monitoring dan tetap menerima aduan dari masyarakat tentang konten negatif ini dan melakukan pemblokiran agar tidak dimanfaatkan pihak-pihak tertentu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper