Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Seharusnya Jadi Leading Role di Asean Open Sky

Indonesia dinilai belum bisa memaksimalkan potensi dari implementasi kesepakatan Pasar Tunggal Penerbangan di kawasan Asia Tenggara atau Asean Single Aviation Market (SAM).
Ilustrasi - Calon penumpang menunggu keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Minggu (24/6/2018). Penumpang selama arus mudik dan balik di Bandara Soeta mencapai 3 juta penumpang selama H-8 sampai H+6 Hari Raya Idul Fitri atau naik  5,82% dari tahun lalu./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Ilustrasi - Calon penumpang menunggu keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Minggu (24/6/2018). Penumpang selama arus mudik dan balik di Bandara Soeta mencapai 3 juta penumpang selama H-8 sampai H+6 Hari Raya Idul Fitri atau naik 5,82% dari tahun lalu./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dinilai belum bisa memaksimalkan potensi dari implementasi kesepakatan Pasar Tunggal Penerbangan di kawasan Asia Tenggara atau Asean Single Aviation Market (SAM).

Fauziah Zen, Senior Economist dari Economic Research Institute for Asean and East Asia (Eria), menilai bahkan Indonesia cenderung 'takut' dengan penerapan Asean SAM (Open Sky) itu.

Padahal, jelasnya, dalam berbagai forum regional Indonesia dinilai memiliki peluang besar untuk menjadi pelaku utama di industri penerbangan di kawasan Asia Tenggara.

"Indonesia belum mengambil leading role dalam hal agreement ini. Indonsia bahkan terkesan ketakutan, menganggap MAS sebagai ancaman," ungkapnya kepada Bisnis, pekan lalu.

Fauziah mengatakan memang Indonesia, bersama Laos, menjadi negara yang terakhir meratifikasi kesepakatan antarnegara itu. Namun, potensi besar tetap dimiliki Indonesia dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.

Potensi pariwisata Indonesia diyakini bisa dioptimalkan oleh sektor penerbangan nasional. Dia pun menegaskan bahwa Indonesia tidak perlu takut terhadap era pasar tunggal itu.

"Sampai fifth freedom [right] kita masih aman sekali. Kita banyak sekali peluang," tegasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2011--2014, Mari Elka Pangestu menilai pemerintah perlu menambah jumlah dari lima bandara internasional yang telah dibuka untuk Asean Open Sky.

Sebagai informasi, kebijakan pembukaan lima bandara internasional tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 69/2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional.

Pasal 37 huruf (a) beleid tersebut menyatakan bahwa bandara internasional yang masuk dalam perjanjian Asean Open Sky yaitu Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandara Juanda di Surabaya, Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, dan Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper