Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dolar Picu Harga Kedelai, Produsen Tahu Bandung Perkecil Ukuran Tahu

Produsen tahu di Cibuntu, Kota Bandung, harus rela memperkecil ukuran tahu akibat terdampak pelemahan rupiah atas dolar yang pada Jumat(7/9/2018) pagi mencapai Rp14.881/dolar AS.
Kedelai/Reuters
Kedelai/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen tahu di Cibuntu, Kota Bandung, harus rela memperkecil ukuran tahu akibat terdampak pelemahan rupiah atas dolar yang pada Jumat(7/9/2018) pagi mencapai Rp14.881/dolar AS.

Pelemahan rupiah terhadap dolar berdampak pada harga kedelai yang ikut merangkak naik, terlebih hingga kini Indonesia masih mengimport kedelai.

"Harga kedelai naik Rp76.000 sampai 77.000,menyusul harga awalnya Rp68.000 per Kg. Kemarin sempat berfultuasi, hanya turun Rp50," ujar Iis Nata, pemilik pabrik tahu Cibuntu, Kota Bandung hari ini Jumat (7/9/2018) seperti dilaporkan Antara.

Dengan naiknya harga kedelai sebagai bahan utama produksi tahu, produsen dibuat galau. Ada beberapa opsi yang bisa mereka lakukan yakni menaikan harga, pengurangan produksi, hingga memperkecil ukuran.

Bagi Iis, menaikan harga merupakan pilihan yang sulit. Agar tetap mendapat keuntungan serta usahanya tetap berjalan. Ia lebih memilih mengurangi produksi dan mengurangi ukuran tahu.

Menurut dia, tahu hasil produksinya biasa dibeli para pedagang dari sejumlah pasar tradisional di Bandung dan sekitarnya dengan cara pembayaran dilakukan setelah tahu habis terjual ke konsumen. "Ya mau gimana lagi, kalau harganya dinaikkan komplainnya banyak," katanya.

Ia menjelaskan, sebelum rupiah melemah dalam satu kali produksi usaha pabrik tahu miliknya bisa menghabiskan 800 kilogram hingga satu ton kedelai. Namun beberapa hari terakhir ia hanya mampu sekitar 500 kilogram atau berkurang 38%.

Pengurangan ini juga berdampak pada keuntungan yang diperoleh. Bahkan ia menyebut keuntungan menurun hingga 50%. "Hampir 50 persen keuntungan kita berkurang," tutur Iis.

Dia berharap, nilai tukar rupiah atas dolar kembali stabil dalam waktu cepat,sehingga produksi tahu kembali normal dan produsen hingga pedagang tidak kembali dipusingkan.

"Satu kapan (tahu) tetap 35 ribu,tetapi keuntungan kita dikurangi. Permintaan juga menurun sekarang sudah rata-rata menangis,"tandas Iis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper