Peternak Blitar Kirim 10.080 Kg Telur ke Pengungsi Lombok

Oleh: Choirul Anam 02 September 2018 | 20:00 WIB
Peternak Blitar Kirim 10.080 Kg Telur ke Pengungsi Lombok
Ilustrasi/Antara-M Agung Rajasa

Bisnis.com, MALANG—Peternak ayam petelur di Blitar, Jatim, membantu 10.080 kg telur ke pengungsi terdampak bencana alam di Lombok agar asupan gizi tetap terpenuhi.

Ketua Umum Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) Blitar, Rofi Yasifun, mengatakan dengan dikirimkannya bantuan telur ke Lombok maka asupan gizi untuk pengungsi, terutama anak-anak, dapat terpenuhi karena telur tergolong bahan makanan yang mempunyai kandungan gizi tinggi.

“Di sisi lain, Blitar merupakan produsen telur terbesar nasional. Jadi kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian kami,” ujarnya dihubungi dari Malang, Minggu (2/9/2018).

Bantuan tersebut merupakan bagian dari gerakan Kabupaten Blitar Peduli Bantuan Sosial Gempa Kab. Lombok Utara yang melibatkan peternak yang tergabung dalam asosiasi Pinsar, PPRN, PPN, dan Koperasi Blitar serta BPBD Kab. Blitar,  PMI, Polresta Blitar, Polres Blitar, dan Kodim 0808 Blitar.

Bantuan telur tersebut diangkut dua truk yang masing mengangkut 5.040 kg dengan nilai Rp200 juta.

Jika digabung dengan Pemkab Blitar, ada 6 truk sembako, tenda, susu, dan lainnya yang diangkut 8 truk colt diesel dengan pengawalan Polisi dan TNI. “Pemberangkatakan Senin (3/8/2018) pagi,” ucapnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Djoko Raharto mengapresiasi atas kepedulian Pemda dan peternak atas kepedulian mereka pada musibah yang terjadi pada warga Lombok.

“Yang membanggakan, terutama respon dari peternak. Begitu diimbau untuk membantu, mereka antusias terlibat membantu,” ujarnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya