Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkasa Pura I Komitmen Kembangkan Kota Semarang

PT Angkasa Pura I (Persero) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berkomitmen untuk semakin memperkuat sinergi dalam mengembangkan Kota Semarang, Jawa Tengah.
Tampak luar terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6)./Bisnis-Yustinus Andry
Tampak luar terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6)./Bisnis-Yustinus Andry

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berkomitmen untuk semakin memperkuat sinergi dalam mengembangkan Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Hal ini terlihat dari rencana pembangunan infrastruktur Kota Semarang yang diintegrasikan dengan rencana pengembangan Bandara Ahmad Yani, pendorong utama pertumbuhan ekonomi Kota Semarang. 

Kunjungan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti beserta jajaran Pemkot Semarang ke Kantor Pusat PT Angkasa Pura I (Persero) di Kemayoran, Jakarta, Jumat (31/8/2018), semakin memperkuat rencana pengintegrasian pengembangan kota dan bandara tersebut.

“Pengembangan infrastruktur suatu kota tidak dapat terlepas dari sektor-sektor lain, seperti pariwisata, UMKM, dan transportasi. Selain itu juga harus melibatkan semua pihak, baik pemerintah, swasta, dan masyarakat. Semuanya merupakan sebuah komponen yang saling berhubungan," ujar Ita, sapaan akrab Hevearita Gunaryanti melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (1/9/2018).

Menurutnya apabila pengembangan infrastruktur dapat berjalan dengan baik, tentu dapat meningkatkan perekonomian dan mendorong pembangunan berkelanjutan.

Pihaknya menilai perkembangan bisnis bandara juga tidak terlepas dari perkembangan suatu wilayah. 

Menurutnya, untuk meningkatkan trafik penumpang dan barang ke Semarang yang pada akhirnya juga meningkatkan kinerja bandara, maka juga harus dikembangkan atraksi agar lebih banyak wisatawan tertarik datang ke Semarang. 

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devi Suradji mendorong agar Semarang tidak hanya menjadi end destination, tapi juga sebagai hub menuju destinasi wisata berbagai daerah di sekitar Semarang dan Jawa Tengah. 

"Oleh karena itu pengembangan bandara juga harus diiringi dengan pengembangan Kota Semarang yang dapat memfasilitasi para wisatawan agar tinggal lebih lama di Semarang untuk mengeksplorasi berbagai destinasi wisata baik yang ada di Semarang maupun wilayah sekitarnya," ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Ita mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah mengembangkan dan merevitalisasi berbagai destinasi wisata di Kota Semarang dan sekitarnya. 

“Destinasi wisata unggulan Semarang antara lain Semarang Zoo, Waduk Jatibarang, Goa Kneo, Desa Wisata Kandri, Hutan Wisata Tinjomoyo, Sam Poo Kong, Desa Pelangi, Lawang Sewu, Pagoda Watugong, Maerokoco, dan Kota Lama. Sedangkan potensi wisata hinterland Kota Semarang misalnya Wisata Religi Demak, Pantai Cahaya, Pantai Kartini, Kepulauan Karimun Jawa, Pantai Bandengan, Pantai Teluk Awur, serta Candi Gedong Songo,” kata Ita. 

Devy Suradji menambahkan bahwa pengembangan destinasi tidak hanya berbicara mengenai pariwisata, tapi juga kargo yang berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi suatu wilayah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper