Vaksin MR (Measles Rubella) dari Serum Institute of India (SII)./Istimewa
Health

Imunisasi Measles Rubella: Ini Pandangan MUI dan Tokoh Agama Soal Vaksin MR

Newswire
Jumat, 31 Agustus 2018 - 14:59
Bagikan

Bisnis.com, MANADO -  Program imunisasi campak dan rubela sempat terkendala pro-kontra soal kehalalan vaksin.

Padahal, kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit campak dan rubela perlu diantisipaisi.

Belakangan MUI mengeluarkan fakta yang membolehkan imunisasi MR, sekaligus menepis kekhawatiran masyarakat Muslim untuk memanfaatkan imunisasi Measles Rubella (MR) secara gratis dari pemerintah.

Imunisasi MR dilakukan secara massal untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubela pada anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru berat (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk, dan bahkan kematian.

Rubela biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, 80% sampai 90% dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Kecacatan tersebut dikenal sebagai sindroma rubella kongenital yang meliputi kelainan pada jantung (kelainan katup) dan mata (katarak, glaukoma), ketulian permanen dan berhentinya perkembangan otak karena tempurung kepala kecil (mikrosefali) yang jelas akan menyebabkan keterlambatan dan gangguan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubela, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubela. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro