BPPT Luncurkan Inovasi Telemedicine, Apa Manfaatnya?

Oktaviano DB Hana
Rabu, 29 Agustus 2018 | 01:34 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi meluncurkan Telemedicine, sebuah inovasi untuk melakukan diagnosa dan konsultasi medik jarak jauh.

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan memasuki usia yang ke-40 BPPT berusaha untuk semakin meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan nasional, khususnya dalam peningkatan daya saing dan kemandirian.

“BPPT akan terus menghasilkan inovasi teknologi, salah satunya yang pada hari ini akan dilakukan launching, yaitu Telemedicine, yang merupakan inovasi untuk melakukan diagnosa dan konsultasi medik jarak jauh,” jelas Kepala BPPT di Laboratorium EMC BPPT, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan, dalam keterangan pers, Selasa (28/8/2018).

Selain meluncurkan inovasi itu, Unggul mengatakan bahwa pada kesempatan ini BPPT juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam rangka uji lapangan perangkat Telemedicine.

“Kami harapkan Telemedicine ini dapat membantu Pemerintah Tangsel untuk semakin meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Unggul menjelaskan layanan teknologi BPPT yang paling menonjol dilakukan melalui balai-balai dan Pusyantek, terutama berupa layanan pengujian yang dilakukan oleh laboratorium uji yang terakreditasi.

Di antara laboratorium uji terakreditasi BPPT yang ada di gedung ini adalah Laboratorium Kompatibilitas Elektromagnetik (EMC) untuk menguji perangkat elektronika, Laboratorium Kartu Cerdas dan Laboratorium Elektromedik. Selain itu, ada banyak lagi laboratorium yang sifatnya adalah untuk pengembangan dalam rangka mendukung kegiatan inovasi.

"Dalam rangka meningkatkan dan mengakselerasi inovasi dan layanan uji, BPPT selalu membangun kerja sama dengan mitra-mitra strategis, baik dalam bentuk kerja sama pengembangan, pengujian, peningkatan kompetensi maupun tukar-menukar informasi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper