BNI Cabang Brawijaya kejar pendirian 248 Agen46

Oleh: Choirul Anam 26 Agustus 2018 | 18:38 WIB
BNI Cabang Brawijaya kejar pendirian 248 Agen46
Karyawati PT Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah melayani nasabah./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, MALANG—PT Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Brawijaya mengejar pendirian 248 Agen46 sampai akhir 2018.

Pgs Pemimpin Bidang Pemasaran BNI Cabang Brawijaya Hendy Kurniawan mengatakan realisasi pendirian Agen46 baru sampai pertengahan Agustus 2018 mencapai 243 agen sehingga kekurangannya hanya lima agen.

Total jumlah Agen46 di wilayah kerja BNI Cabang Brawijaya mencapai 530 agen,” ucapnya di sela-sela Color Walk BNI-Muda-mudi RW 1 Kel. Pandanwangi, Kec. Blimbing, Kota Malang, Minggu (26/8/2018).

Agen46 di Kota Malang, Kota Batu, dan Kab. Malang, kata dia, berdiri atas kerja sama BNI dengan pemilik toko sembako. Dengan adanya Agen46, maka masyarakat yang membutuhkan layanan perbankan tidak perlu lagi ke kantor layanan, melainkan cukup di toko sembako yang menjadi agen layanan keuangan keuangan dalam rangka keunangan inklusif (Laku Pandai) BNI tersebut.

Layanan yang diberikan, pembukaan rekening bank, setor dana, transfer dana, payment point, dalam pembelian pulsa.

Dengan adanya Agen46, maka masyarakat sewaktu dapat menikmati layanan perbankan, tidak terbatas jam buka kantor layanan bank,” katanya.

Dengan menggandeng toko sembako, maka masyarakat dapat melakukan aktivitas berbelanja sambil melakukan aktivitas perbankan seperti setor dana, transfer antarbank, dan lainnya.

Yang menjadi masalah, kata dia, dari jumlah itu hanya 30% yang tergolong dengan jumlah pembukaan dan transaksi dalam nominal tertentu. Sisanya tergolong kurang aktif.

Karena itulah, BNI Cabang Brawijaya terus mengedukasi masyarakat terkait dengan layanan Agen46. Intinya, mereka dapat menjadi Agen46 maupun memanfaatkan layanan dari Laku Pandai BNI tersebut.

BNI juga memberikan reward bagi Agen46. Mereka yang paling aktif  dengan syarat tertentu akan memperoleh insentif Rp1 juta/bulan.

Sampai Juli di 2018, kata dia, jumlah transaksi mencapai 10.771 dengan nilai transaksi sebesar Rp2,6 miliar. Transaksi terbanyak berupa setor dana, transfer antarbank, pembelian pulsa, dan payment point.

Pembukaan rekening baru, mencapai 39.661. Persyaratan pembukaan rekening baru hanya membayar Rp20.000, namun selanjutnya nasabah tidak dikenakan ujang administrasi sehingga nilai tabungannya utuh.

Karena layanan bersifat mikro, maka nilai saldo rekening maksimal Rp20 juta. Selebihnya harus dialihkan ke kantor layanan.

Bu Cipto, Agen46 Toko SRC Sucipto di Jl Laksda Adi Sucipto 238 Kota Malang, mengatakan samp;ai saat ini ada 50 rekening, sedangkan nilai transaksinya mencapai Rp10 juta/3 hari.

Agen46 yang dia kelola relatif aktif karena dirinya aktif mensosialisasikan ke warga dalam berbagai kesempatan, seperti pertemuan PKK dan lainnya. Lewat sosialisasi tersebut, warga menjadi mengerti fungsi dan layanan Agen46 sebagai kepanjangan tangan dari BNI.

Layanan yang paling banyak dilakukan, setor dana, transfer dana antarbank, pembelian pulsa, dan payment point seperti pembayaran iuran dan tunggakan BPJS Kesehatan, perusahaan leasing, PLN, PDAM, dan lainnya.

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya