Berikut 12 Kota di Asia dengan Ketersediaan 4G Terbanyak, Seoul Nomor 1

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 25 Agustus 2018 | 14:55 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  OpenSignal,  perusahaan swasta yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel mencatat 12 kota di negara Asia Timur dengan ketersediaan jaringan 4G terbesar dan tercepat.   

Dari laporan siaran pers yang diterima Bisnis.com, tercatat Seoul dan Singapura adalah yang tercepat.

Setiap 12 kota yang dianalisis mewakili kunci penghubung ekonomi dan bisnis dalam negara mereka. Kami memeriksa data dari periode uji 90 hari antara bulan Maret dan Mei, dan untuk ketersediaan 4G dan ditemukan hasil berikut ini:

Seoul berada di peringkat teratas dengan skor ketersediaan 4G sebesar 97,9%. Hal ini menjadi kejutan kecil bahwa kota tersebut tidak hanya berada di urutan atas dalam analisis kecepatan 4G Opensignal di kota-kota Asia Timur, tapi Korea Selatan menjadi negara terdepan dengan jangkauan LTE dalam Laporan Keadaan LTE global terkini mereka. 

Pada laporan yang sama tersebut, tempat kedua dalam peringkat ketersediaan 4G diduduki oleh Jepang – dan ibu kota Tokyo meraih tempat kedua dalam analisis kami di kota Asia Timur.

Kota tersebut tepat berada di belakang Seoul yang yang memimpin dengan skor ketersediaan 4G sebesar 96,3% dan kedua kota yang memimpin menjadi yang terdepan dibanding dengan kota berikutnya dalam pengukuran kami.

Tempat ketiga diduduki oleh Bangkok dengan skor pengukuran ketersediaan 4G sebesar 92,1%, yang diikuti oleh Hong Kong yang memiliki skor tepat di angka 90%.

Dibanding dengan kota-kota lain yang diukur, untuk jangkauan LTE lima lainnya berada pada rentang 80%-90%. Salah satu kisah sukses yang mencolok mengenai hal ini adalah Yangon, di mana diukur ketersediaan 4G sebesar 82,8%.

Hal ini cukup mengesankan ketika Anda mengira bahwa layanan 4G hanya diluncurkan di Myanmar dalam dua tahun terakhir. Yangon juga menempati posisi tinggi dalam perbandingan mengenai Kecepatan 4G di kota-kota Asia Timur, walau hal ini sebagian dapat dijelaskan dengan begitu rendahnya jumlah pengguna LTE di pasaran, perolehan jangkauan 4G lebih dari 80% patut untuk dipuji. 

"Skor Seoul yang mendekati 98% dalam ketersediaan 4G berada di antara skor tertinggi yang pernah kami ukur – tapi sepertinya tidak lebih baik. Kita dapat memperkirakan pengukuran melewati 98% dan bahkan mungkin mendekati 99% di kota-kota yang paling tersambungkan dalam beberapa tahun ke depan, tapi kami tidak yakin kita akan dapat melihat skor 100%, " tulis laporan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper