Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Patroli Kembali Evakuasi Korban Tenggelam KMP Bandeng

Kapal patroli KNP. 375 Tidore milik Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Soa Sio kembali menemukan dan mengevakuasi 1 orang penumpang KMP. Bandeng dengan selamat pada hari ini, Sabtu (18/8/2018) pukul 12.30 WIT.
Istimewa
Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kapal patroli KNP  375 Tidore milik Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Soa Sio kembali menemukan dan mengevakuasi 1 orang penumpang KMP Bandeng dengan selamat pada hari ini, Sabtu (18/8/2018) pukul 12.30 WIT.

"Korban ditemukan oleh Kapal Patroli KNP. 375 Tidore pada posisi 02'18"875'"N/127'47"156' dalam kondisi selamat namun lemah sehingga petugas kami segera membawanya ke Tobelo," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Junaidi dalam keterangan resminya, Sabtu (18/8/2018).

Dengan dievakuasinya awak kapal tersebut menambah jumlah orang yang berhasil diselamatkan dari tenggelamnya kapal KMP. Bandeng menjadi 47 orang.

Sebelumnya, sebanyak 45 orang berhasil diselamatkan oleh Basarnas dan kapal nelayan serta 1 orang awak kapal berhasil dievakuasi KNP. 375 Tidore saat kapal KMP Bandeng dilaporkan tenggelam di Perairan Loloda, Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara pada Rabu (15/8/2018) saat berlayar dari Pelabuhan Tobelo menuju Bitung Sulawesi Utara.

Pada saat ditemukan, 17 orang ditemukan dalam 2 unit Infatable Life Raft (ILR) milik KMP. Bandeng yang keseluruhannya menggunakan life jacket. Sementara 28 orang lainnya ditemukan di 3 unit ILR dalam kondisi selamat sedangkan 1 orang yang dievakuasi oleh KNP. 375 Tidore menggunakan life jacket mengapung di laut.

Kerahkan 3 Kapal

Menurut Junaidi, Kementerian Perhubungan lewat Ditjen Perhubungan Laut mengerahkan 3 (tiga) unit Kapal Negara (KN) yang terdiri dari 2 unit kapal patroli dan 1 unit kapal kenavigasian ke lokasi tenggelamnya kapal KMP Bandeng sejak 16 Agustus 2018.

"Hingga kini, kapal KNP. 375 Tidore masih melakukan penyisiran di lokasi kejadian tenggelamnya kapal KMP. Bandeng milik PT. ASDP Indonesia Ferry dan siang tadi berhasil menemukan 1 orang lagi berjenis kelamin perempuan dalam kondisi selamat," ujar Junaidi.

Dia  menegaskan bahwa cuaca sedang buruk akhir-akhir ini dan meminta seluruh nakhoda untuk memperhatikan faktor cuaca dan kelayakan kapalnya termasuk kelengkapan alat keselamatan pelayaran guna menghadapi cuaca buruk yang dapat terjadi secara tiba-tiba saat berlayar.

"Cuaca ekstrem sedang terjadi di beberapa perairan di Indonesia, oleh karena itu kami mengingatkan agar selalu memperhatian faktor cuaca sebelum berangkat dan pastikan kondisi kapal laik laut serta dilengkapi alat keselamatan. Utamakan keselamatan pelayaran ketika berlayar," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper