Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peringati HUT Ke-73 RI Pelindo IV Sumbang Mesin Tempel Nelayan dan Beasiswa

.Dalam rangka memperingati HUT Ke-73 RI,  Pelindo IV menyumbang tiga mesin tempel kapal kepada nelayan yang telah berjasa menyelamatkan puluhan penumpang korban tenggelam Kmp l Bandeng di perairan Halmahera.

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT Ke-73 RI,  Pelindo IV menyumbang tiga mesin tempel kapal kepada nelayan yang telah berjasa menyelamatkan puluhan penumpang korban tenggelam Kmp l Bandeng di perairan Halmahera.

Bantuan diberikan Meneg BUMN Rini M Soemarno dan Dirut Pelindo IV Doso Agung usai mengadakan upacara bendera 17 Agustus, Jumat pagi.

“Nelayan ini yang memberitahukan dimana para korban berada dan mereka juga membantu menyelamatkan puluhan penumpang yang terbalik,” tutur Meneg BUMN dalam siaran persnya. 

Oleh karenanya, katanya,  sudah sepatutnya nelayanan yang sudah membantu menyelelamatkan penumpang diberikan apresiasi.

Dirut Pelindo IV Doso Agung mengatakan bantuan mesin tempel senilai Rp450 juta sebagai wujud BUMN hadir untuk negeri.

Ada tiga kelompok nelayan yang mendapatkan mesin tempel, dimana masing-masing kelompok mendapatkan tiga mesin.

Pada upacara peringatan 73 kemerdekaan RI di halaman Pelindo Ternate Maluku, Pelindo IV juga membantu beasiswa bagi pelajar berprestasi, menyelenggarakan jalan sehat 5 KM, pasar murah, siswa mengenal Nusantara, membangun MCK, taman bacaan.

Keberadaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, salah satu fungsi kelembagaan yang dibentuk oleh pemerintah untuk mempercepat aktualisasi terwujudnya cita-cita kemerdekaan yaitu masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

Misalnya Peran Pelindo IV dalam tiga tahun terakhir dapat dirasakan masyarakat Indonesia Timur
Hal ini terjadi setelah dilakukan Program Direct Export dan Direct Call” untuk wilayah Timur. Melalui program tersebut saat ini kegiatan ekspor dari wilayah timur Indonesia dapat dilakukan lebih singkat, murah dan berdaya saing.

Sehingga saat ini ekonomi kawasan timur Indonesia rata-rata diatas kawasan barat Indonesia. 

Sesuai denganb data BPS, pertumbuhan tertinggi kuartal II-2018 dicapai oleh Maluku dan Papua sebesar 18,18 persen. Sementara Kalimantan 3,31 persen, Bali dan Nusa Tenggara 3,75 persen , Jawa 5,69 persen dan Sumatra 4,65 persen.

Pelindo IV juga melaksanakan pembangunan dermaga dan reklamasi kolam seluas 8300 m2 serta pemasangan 1 unit container crane dan pada bulan September nanti beserta peralatan pendukungnya untuk dapat meningkatkan kapasitas pelabuhan ternate menjadi 2 kali lipat.

Pada upacara bendera Doso Agung menjelaskan yang sudah dilaksanakan sinergi BUMN di timur Indonesia antara lain meningkatkan kesejahteraan dan meringankan beban rakyat, terutama masyarakat di wilayah terluar, terpinggir dan tertinggal melalui program Listrik murah, Program Tol Laut, BBM Satu Harga dan Program Rumah Kita.

Seluruh program tersebut di motori oleh BUMN bersama instansi Pemerintah lainnya dalam mensukseskan program-program strategis pemerintah dewasa ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper