Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pegadaian Peringati Hari Kemerdekaan & Napak Tilas ke Rumah Pengasingan Bung Karno

Pegadaian menggelar upacara peringatan kemerdekaan ke-73 RI di kota yang terkenal merupakan kota Pancasila, yakni Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain itu, Pegadaian juga melakukan napak tilas sejarah ke rumah pengasingan Sang Proklamator Bung Karno di kota tersebut.
Seorang pecinta paralayang melintas di atas tebing saat pengibaran Bendera Merah Putih terpanjang di Pantai Pandawa, Badung, Bali, Senin (14/8). (Nyoman Budiana/Antara).
Seorang pecinta paralayang melintas di atas tebing saat pengibaran Bendera Merah Putih terpanjang di Pantai Pandawa, Badung, Bali, Senin (14/8). (Nyoman Budiana/Antara).

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pegadaian (Persero) menggelar upacara peringatan kemerdekaan ke-73 RI di kota yang terkenal merupakan kota Pancasila, yakni Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain itu, Pegadaian juga melakukan napak tilas sejarah ke rumah pengasingan Sang Proklamator Bung Karno di kota tersebut.

"Ini merupakan bentuk nyata bahwa BUMN hadir untuk negeri karena memperingati ulang tahun kemerdekaan di daerah terpencil, tertinggal, terluar (3T), bersama masyarakat di tempat bersejarah" ungkap Direktur Pegadaian Sunarso dalam keterangannya, Jumat (17/8/2018).

Dalam upacara tersebut, Sunarso bertindak sebagai inspektur upacara dan diikuti oleh jajaran manajemen Pegadaian, berbaur dengan masyarakat di lapangan Nangaba, Kecamatan Ende.

Dia mengatakan Ende dipilih sebagai lokasi memperingati ulang tahun kemerdekaan RI tahun ini karena mempunyai nilai sejarah yang sangat kuat. Di pulau dengan luas 2.046,75 km² tersebut, terdapat satu rumah yang dikenal sebagai rumah pengasingan Presiden pertama Indonesia Soekarno.

Di rumah yang dahulu kala merupakan milik Abdullah Ambuwaru inilah Bung Karno tinggal selama menjalani pengasingan selama empat tahun lamanya sejak tahun 1934 hingga tahun 1938. Selama itu pula Bung Karno harus berpisah dengan rekan-rekan seperjuangannya yang tidak pernah berhenti untuk mengusahakan kemerdekaan Indonesia.

Di tempat yang terpencil dan jauh dari hiruk pikuk inilah rupanya Bung Karno mendapatkan ilham mengenai dasar-dasar pemikiran bernegara yang kelak kita akan ingat sebagai Pancasila.

"Tepat di rumah inilah Bung Karno tinggal dalam keadaan serba terisolasi dari Jakarta, namun beliau tidak tinggal diam saja dan bahkan berhasil merumuskan pokok pikiran dari Pancasila yang kelak akan menjadi dasar filosofi Republik ini," ujar Sunarso ketika memberikan kata sambutan di Rumah pengasingan Bung Karno.

Di kota Ende inilah Bung Karno melakukan banyak perenungan dan mendapatkan banyak pelajaran berharga dari kota Ende. Disinilah bapak proklamator tersebut melihat bahwa di Ende keberagaman dapat hidup berdampingan dan menjadi pemersatu di masyarakat.

Rumah Bung Karno tersebut merupakan salah satu destinasi wisata favorit di kota Ende selain danau Kelimutu yang merupakan satu-satunya danau tiga warna di dunia sudah tersohor hingga ke mancanegara. Rumah ini menjadi andalan wisata sejarah di kota yang terkenal dengan sebutan kota Pancasila tersebut.

Agar wisata sejarah di rumah Bung Karno tersebut semakin optimal, Pegadaian menambahkan peralatan multimedia agar situs bersejarah tersebut bisa semakin menarik dan memberikan pelajaran sejarah yang sesuai dengan zaman sekarang.

Bantuan sosial tersebut berupa laptop, LED, dan juga perlengkapan audio nirkabel. Diharapkan dengan bantuan peralatan multimedia tersebut, rumah Bung Karno bisa lebih hidup dan membuat wisata sejarah di Ende semakin berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper