Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sumut: HUT Ke-73 RI, Momentum Kebangkitan dan Kemerdekaan Pembangunan

Pejabat Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo berharap perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia tidak hanya menjadi momen serominal semata, tapi juga momentum kebangkitan dan kemerdekaan pembangunan di segala sektor.
Bendera mMerah putih di Danau Toba, Sumtra Utara/ANTARA
Bendera mMerah putih di Danau Toba, Sumtra Utara/ANTARA

Bisnis.com, MEDAN - Pejabat Gubernur Sumatra Utara Eko Subowo berharap perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia tidak hanya menjadi momen serominal semata, tapi juga momentum kebangkitan dan kemerdekaan pembangunan di segala sektor.

“Secara berangsur-angsur, kita lanjutkan, tidak hanya pembangunan infrastruktur yang sudah berjalan di Sumatera Utara (Sumut), tetapi juga peningkatan kualitas SDM, pendidikan, kesehatan, dan keberpihakan pada pemerataan untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan,” ujarnya usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 RI Tahun 2018, di Lapangan Merdeka Jalan Pulau Pinang Medan, Jumat (17/8/2018).

Eko yang juga didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina mengimbau agar seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Sumut, bersatu, bekerja keras, dan bahu membahu mewujudkan program-program pembangunan.

“Sesuai dengan tema Perayaan HUT tahun ini, Kerja Kita Prestasi Bangsa, bersama-sama kita wujudkan program-program prioritas nasional yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Kemarin, kita mendengar pidato pengantar RAPBN 2019, infrastruktur jadi salah satu fokus penting, khususnya infrastruktur konektivitas dan ekonomi,” jelasnya. 

Eko juga menyinggung masalah energi di Sumut. Dia menerangkan, Sumut telah ditetapkan menjadi salah satu provinsi untuk menyusun Rencana Umum Energi Daerah (RUED) sesuai dengan acuan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) untuk menggunakan energi terbarukan.

Sumut merupakan salah satu lumbung energi baru terbarukan, termasuk panas bumi, air atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan lainnya.

“Sebentar lagi, jika semua rampung, semoga Sumut bisa menjadi provinsi surplus listrik. Sehingga, bisa menyumbang tenaga listrik untuk provinsi-provinsi lain yang membutuhkan,” terangnya. 

Dalam kesempatan itu, Eko juga berpesan agar masyarakat sumut senantiasa menjaga ketertiban dan meningkatkan suasana kondusif yang selama ini telah terjaga. Khususnya untuk menyambut pesta demokrasi yaitu pemilu presiden dan legislatif tahun 2019.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke -73 Tahun 2018 dihadiri dan disaksikan oleh ribuan masyarakat Sumut.

Upacara pengibaran bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) berlangsung khidmat. Bertindak sebagai Komandan Upacara Letnan Kolonel Infanteri Lizardo Gumay Komandan Batalyon Raider 100/Prajurit Setia.

Turut hadir dalam upacara tersebut Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman selaku pembaca teks proklamasi, serta Walikota Medan Dzulmi Eldin, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, unsur Forkopimda, dan Pimpinan OPD Sumut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper