Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Info Haji: Kloter Terakhir Indonesia Tiba di Saudi Kamis Siang Ini

Fase pemberangkatan jemaah calon haji (JCH) Indonesia dari Tanah Air memasuki tahap akhir dan diperkirakan mendarat di Tanah Suci pada Kamis (16/8/2018) siang WIB.
Ibadah haji di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi./Reuters-Ahmad Masood
Ibadah haji di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi./Reuters-Ahmad Masood

Bisnis.com, MAKKAH – Fase pemberangkatan jemaah calon haji (JCH) Indonesia dari Tanah Air memasuki tahap akhir dan diperkirakan mendarat di Tanah Suci pada Kamis (16/8/2018) pagi waktu Arab Saudi (WAS) atau Kamis siang WIB.

Hingga pukul 15.40 WAS, sudah 503 kelompok terbang tiba di Arab Saudi dari total 509 kloter JCH Indonesia untuk jamaah reguler.

Secara jumlah calon haji sudah 200.757 calhaj reguler berada di Tanah Suci dari 204.000 kuota. Angka itu belum termasuk unsur dari haji khusus dan petugas sehingga total jamaah Indonesia 221.000.

Pada hari terakhir gelombang kedua pemberangkatan dimulai dengan kedatangan Kloter 82 Embarkasi Surabaya di Bandar Udara King Abdulaziz, Jeddah pada Rabu pukul 09.15 WAS. Kloter tersebut terdiri dari 450 calhaj.

Merujuk jadwal, penerbangan lain yang menyusul pada hari terakhir pemberangkatan JCH itu adalah kloter 93 Embarkasi Solo dengan 360 calhaj.

Penerbangan dilanjutkan dengan kloter-kloter lainnya hingga total 509 kloter berada di Tanah Suci untuk menjalani seluruh rangkaian ibadah di Tanah Suci baik di Mekkah maupun Madinah.

Rohmi, 46 tahun, calhaj dari Cilacap, Jawa Tengah, kepada Media Center Haji bersyukur dengan ketibaannya di Tanah Suci bersama kelompok terbang 94 embarkasi Solo yang termasuk kloter terakhir. "Ya bagaimana lagi, katanya memang sudah diundi dari seluruh Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) hingga Rabu telah meninggal sebanyak 72 calhaj Indonesia dengan berbagai sebab, sebagian besar karena penyakit jantung.

Dari total JCH Indonesia yang telah sampai di Tanah Suci, 214 calhaj dirawat di fasilitas kesehatan, baik di Klinik Kesehatan Haji Indonesia ataupun rumah sakit yang dikelola oleh Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper