Infrastruktur IT Asian Games Siap 100%

Dhiany Nadya Utami
Rabu, 15 Agustus 2018 | 18:56 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara/Bisnis-Dhiany Nadya Utami
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara/Bisnis-Dhiany Nadya Utami
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut persiapan infrastuktur teknologi informasi untuk Asian Games 2018 telah rampung sepenuhnya.

Pria yang akrab disapa Chief RA ini mengatakan baik infrastruktur untuk pembukaan di stadion utama Gelora Bung Karno (GBK), di venue-venue pertandingan, maupun di wisma para atlet sudah terpasang.

“Sekarang fokus untuk WiFi pembukaan,” katanya saat ditemui di Jakarta, Rabu (15/8/2018), siang.

Rudiantara mengimbau pada hadirin yang akan mengaktifkan perangkat mereka untuk mengikuti aturan yang telah dibuat oleh Kemenkominfo dan INASGOC, terutama untuk chanelling dari frekuensi agar tidak terjadi intervensi.

“Bukan hanya di stadion utama, atau di venue, atau di kompleks mes GBK tapi di media center juga. Broadcasting, televisi itu kan pada bawa device sendiri, jadi hanya masalah channeling saja,” tuturnya.

Adapun, sebanyak 441 access point yang akan disiagakan untuk memenuhi kebutuhan 80.000—90.000 orang yang akan memenuhi GBK saat upacara pembukaan. Total ada 947 access point WiFi high-density telah dipersiapkan di GBK dan Jakabaring untuk memenuhi kebutuhan akses internet selama bagi atlet, ofisial, dan penonton.

Kemudian, untuk Wisma Atlet Kemayoran telah terpasang instalasi Indihome di 7.471 kamar, 152 access point Wi-Fi di 10 menara. Di Wisma Atlet Palembang, Telkom menargetkan 1.200 WiFi terpasang dan untuk access point di tiap tower total 55 AP.

Selain menyediakan akses internet di berbagai lokasi Asian Games 2018, sebagai penyedia layanan internet TelkomGroup juga melakukan penguatan sinyal mobile untuk layanan Telkomsel dengan menggunakan 124 BTS 4,5G dan 140 BTS 4G dan menyediakan menyediakan 8 unit Satellite News Gathering (SNG) untuk keperluan broadcast awak media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper