Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaleg Hanura dan Partai Berkarya Terbanyak Gagal Masuk DCS

Bakal calon anggota legisatif (Bacaleg) dari Partai Hanura dan Partai Berkarya menempati peringkat tertinggi yang digugurkan dan tidak dimasukkan ke dalam daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilu 2019.
Gedung KPU/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso
Gedung KPU/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Kabar24.com, JAKARTA—Bakal calon anggota legisatif (Bacaleg) dari Partai Hanura dan Partai Berkarya menempati peringkat tertinggi yang digugurkan dan tidak dimasukkan ke dalam daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilu 2019.

Data tersebut berdasarkan data KPU yang dirilis kepada wartawan. 

Bakal caleg dari Hanura yang tidak masuk dalam DCS lantaran tak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 167 orang. Akibat dari pencoretan ratusan bakal caleg itu, Hanura bakal absen dalam perebutan kursi DPR di 22 daerah pemilihan (dapil).

Sementara itu, bakal caleg Partai Berkarya yang berstatus TMS sebanyak 142 orang. Akibatnya, Partai Berkarya tidak dapat memperebutkan kursi DPR di 14 dapil.
 
Dari data KPU terlihat hampir seluruh partai politik memiliki bakal caleg yang berstatus TMS meski jumlahnya tidak sebanyak Berkarya dan Hanura. Partai Garuda, misalnya, mencatat 16 bakal caleg yang berstatus TMS. Kemudian, Perindo ada tujuh bakal caleg TMS dan PKS dengan empat bakal caleg berstatus TMS.

Sementara itu, tidak ada bakal caleg DPR dari PKB, NasDem, dan PBB yang berstatus TMS. Dengan kata lain, seluruh bakal caleg yakni 575 orang di 80 dapil yang didaftarkan berstatus memenuhi syarat dan tercantum dalam DCS.

Menurut Komisioner KPU, Ilham Saputra mengatakan partai politik tidak dapat mengganti bakal caleg yang berstatus TMS. Apabila keberatan dengan keputusan KPU tersebut, partai politik dapat mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), ujarnya.

Ilham mengatakan sebagian besar penyebab bakal caleg diberikan status TMS berkaitan dengan faktor keterwakilan 30 persen perempuan dalam satu dapil. 

Jika ada bakal caleg perempuan ditetapkan TMS, lalu keterwakilan 30 persen perempuan menjadi tidak tercapai di satu dapil, maka seluruh bakal caleg di dapil tersebut akan turut bertatus TMS. Akibatnya, partai akan kehilangan banyak bakal caleg serta dapilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper