Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pileg 2019 : PDIP Incar 40 Kursi DPRD Jateng

PDI Perjuangan menargetkan, dapat mengisi 40 di DPRD Jateng dalam pemilu legislatif pada 2019 mendatang. Optimisme tersebut mengingat saat ini Jawa Tengah merupakan kandang banteng yang sulit untuk tergoyahkan.
Seorang warga memasukkan surat suara/Antara-Yahanan Sulam
Seorang warga memasukkan surat suara/Antara-Yahanan Sulam

Bisnis.com, SEMARANG - PDI Perjuangan menargetkan, dapat mengisi 40 di DPRD Jateng dalam pemilu legislatif pada 2019 mendatang. Optimisme tersebut mengingat saat ini Jawa Tengah merupakan kandang banteng yang sulit untuk tergoyahkan.

Politisi PDIP sekaligus Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi mengatakan, pihaknya optimistis PDIP akan memenangkan pileg di Jawa Tengah. Pasalnya, PDIP merupakan partai pemenang dalam pemilu 2014 lalu.

"Kami dari PDIP optimis menang dalam pileg 2019 nanti, karena tradisi di Jawa Tengah PDIP selalu menang dalam pileg dan mendapatkan banyak jatah kursi di DPRD Jateng," tegas Rukma Senin (13/8/2018).

Dikatakan Rukma, daerah Soloraya merupakan kekuatan terbesar PDIP dalam mendulang banyak suara untuk memenangkan pileg 2019 nanti. Menurutnya, Boyolali dan Solo merupakan daerah paling kuat dalam menyumbangkan suara untuk PDIP.

Kendati demikian, ujar Rukma tidak menutup kemungkinan beberapa daerah lain dapat menyumbangkan suara yang cukup banyak untuk PDIP. Ditambah lagi dengan Jateng sebagai kandang banteng tentunya sulit untuk meruntuhkan dominasi PDIP di Jateng.

"Kawasan Soloraya diharapkan akan menyumbangkan suara yang cukup besar dalam pileg mendatang. Saya optimis 30% kursi di DPRD akan diduduki oleh politisi PDIP," ujarnya.

Selain itu lanjut dia, pencalonan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai capres dan cawapres pada pemilu 2019 nanti juga akan mendongkrak perolehan suara PDIP di Jawa Tengah. Pasalnya, pengaruh Jokowi sangat terasa untuk masyarakat Jateng.

"Terpilihnya Jokowi sebagai calon presiden Republik Indonesia akan berpengaruh dalam gelaran pileg di Jateng, karena efek yang ditimbulkan akan mengugah masyarakat untuk memilih caleg PDIP untuk menduduki kursi DPRD Jateng nanti," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper