Rumah Potong Hewan Pegirikan Sediakan 100 Ekor Sapi Kurban

Oleh: Newswire 13 Agustus 2018 | 09:38 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA – Sekitar 30 dari 100 ekor sapi yang disediakan Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirikan, Kota Surabaya, Jatim untuk keperluan pada saat Hari Raya Kurban telah terjual.

"Kami berharap sapi yang terjual bisa memenuhi target RPH," kata Dirut RPH Surabaya Teguh Prihandoko kepada Antara di Surabaya, Senin (13/8/2018).

Selain itu, lanjut dia, untuk jasa layanan pemotongan kambing pada Hari Raya Idul Adha, RPH Surabaya bekerja sama dengan Yayasan Al Khaririyah Surabaya. Hingga saat ini sudah ada permintaan pemotongan sekitar 100 ekor kambing.

Untuk paket pemotongan sapi hingga daging yang sudah dikemas dalam plastik kiloan, Teguh mengatakan sudah ada sekitar 45 pemesanan dari kalangan masyarakat maupun organisasi.

Menurut dia, Teguh menyebut alasan membuka layanan pemotongan hingga pengemasan hewan kurban guna menjaga agar lingkungan kota tetap bersih dari limbah kurban.

Jika pemotongan dilakukan di RPH, proses pemotongan, dan limbah lainnya berupa kotoran dan darah hewan dikelola langsung. "Karena RPH punya tempatnya dan kompeten melakukan itu," katanya.

Ia menyebut, paket pemotogan hewan kurban hingga mengemasnya dalam plastik sudah dilakukan sejak tahun lalu. Pada tahun sebelumnya, RPH menjual hewan kurban sebanyak 100 ekor sapi dan memberikan layanan paket kemasan kepada 60 orang.

Teguh mengatakan RPH menyediakan layanan praktis bagi warga Surabaya yang ingin melakukan ibadah kurban sesuai syariat meliputi penyedian hewan kurban, penyembelihan, pengemasan sampai dengan pengiriman.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya