Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapolri Rotasi Sejumlah Jenderal. Rikwanto Wakapolda, Boy Rafli Ditarik dari Papua

Menjelang pemilihan Presiden 2019, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian merotasi sejumlah perwira tinggi dan kepala kepolisian daerah.
Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Purwadi./Bisnis.com-Sholahuddin Al Ayyubi
Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian dan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Purwadi./Bisnis.com-Sholahuddin Al Ayyubi

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang pemilihan Presiden 2019, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian merotasi sejumlah perwira tinggi dan kepala kepolisian daerah.

Keputusan tersebut tercantum dalam surat telegram nomor ST/2014-2015/VIII/KEP./2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membenarkan ihwal mutasi tersebut. "Ya benar, ini bagian dari penyegaran struktur di institusi Polri," kata Setyo di Jakarta, Senin (13/8/2018).

Dalam surat tersebut, sejumlah perwira tinggi yang mendapat promosi jabatan antara lain Irjen Pol Andap Budhi Revianto yang sebelumnya menjabat Kapolda Maluku, ditunjuk menempati jabatan Kapolda Kepri.

Selanjutnya Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa dipromosikan sebagai Kapolda Maluku menggantikan Andap.

Posisi yang ditinggalkan Royke akan ditempati Brigjen Pol Refdi Andri yang sebelumnya menjabat Karoprovos Divpropam Polri.

Selanjutnya Irjen Pol Nandang yang sebelumnya menjabat Kapolda Riau, ditugaskan di Badan Intelijen Negara (BIN).

Mutasi jabatan juga mewarnai pejabat Divhumas Polri. Brigjen Pol Mohammad Iqbal yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri mendapatkan promosi jabatan menjadi Wakapolda Jatim.

Selanjutnya Brigjen Pol Dedi Prasetyo akan menempati jabatan yang ditinggalkan oleh Iqbal. Dedi sebelumnya menjabat Wakapolda Kalteng.

Posisi kosong Wakapolda Kalteng akan diisi Brigjen Pol Rikwanto yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Multimedia Polri.

Berdasar surat telegram tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpau dimutasi untuk ditugaskan di Lemhanas RI. Brigjen Pol Agus Andrianto yang sebelumnya menjabat Wakapolda Sumut ditunjuk menempati jabatan yang ditinggalkan Paulus.

Selanjutnya Kombes Pol Mardiaz Kusin yang sebelumnya merupakan Koorspripim Polri diangkat sebagai Wakapolda Sumut.

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri. Irjen Pol Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadivpropam Polri ditunjuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Boy Rafli sebagai Kapolda Papua.

Selanjutnya Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo ditunjuk menjadi Kadivpropam Polri.

Posisi Kapolda Banten yang kosong diisi oleh Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Paminal Divpropam Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper