Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UNS Bekali Mahasiswa Baru Penguasaan Soft Skills

Penguasaan soft skills dinilai sebagai salah satu penentu keberhasilan mahasiswa saat proses belajar di kampus maupun setelah lulus.
Ilustrasi/uns.ac.id
Ilustrasi/uns.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA -  Penguasaan soft skills dinilai sebagai salah satu penentu keberhasilan mahasiswa saat proses belajar di kampus maupun setelah lulus.

Menyambut mahasiwa baru tahun akademik 2018/2019 Universitas Sebelas Maret (UNS) akan memberikan pembekalan bertajuk UNS ACTIVE Soft Skills.

Pembekalan berlangsung sepuluh hari, dimulai dengan Upacara Pelantikan Mahasiwa Baru, Senin (13/8/2018) di halaman Gedung Pusat dr. Prakosa Rektorat UNS.

Motivator Tung Desem Waringin (Alumni FH UNS) akan membakar semangat mahasiswa baru dan memberikan materi bertema Kiat Sukses di Era Milenial.

Juga akan hadir Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Eko Sulistyo (Alumni FIB UNS) mewakili Kepala KSP Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko.

Pada tahun ajaran 2018/2019 ini UNS melantik 8.535 mahasiswa baru dari jenjang Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor.

Adapun rincian mahasiwa dari masing-masing jenjang yaitu:

  • Diploma menerima 1.774 mahasiswa
  • Sarjana 5.843 mahasiswa
  • Magister 782
  • Doktoral 136 mahasiswa

Mereka tersebar pada Fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pertanian, Kedokteran, Budaya, Seni Rupa dan Desain, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Sosial Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Keolahragaan serta Pascasarjana.

Fakultas Keolahragaan merupakan fakultas baru yang sekaligus akan diresmikan pada acara tersebut.

Rektor UNS Prof Ravik Karsidi mengatakan, pembekalan softskills untuk mahasiswa baru dipilih karena memang sangat dibutuhkan dan menentukan keberhasilan mahasiswa baik saat proses belajar di kampus maupun setelah lulus.

Hasil penelitian Career Development Center (CDC) UNS menunjukkan penguasaan softskills merupakan faktor signifikan untuk keberhasilan alumni.

Untuk itu UNS berusaha membentuk soft skills mahasiswa baru dengan menanamkan karakter ACTIVE.

“ACTIVE merupakan budaya kerja khas UNS, singkatan dari Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Teamwork, Integrity, Visionary dan Enterpreneurship,” ujarnya.

Untuk membentuk karakter ACTIVE tersebut berbagai materi akan dipadukan antara lain ESQ (Emotional Spiritual Quotient), Public Speaking & Internasionalisasi, Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Bela Negara, Penalaran Mahasiswa serta Kewirausahaan.

Rektor UNS menegaskan, di era global seperti sekarang ini, pembekalan softskills dan wawasan kebangsaan, merupakan hal yang tidak bisa diabaikan dan menjadi pondasi dasar setiap mahasiswa.

“Khususnya menyangkut nasionalisme dan bela negara hal itu juga sejalan dengan komitmen UNS selama ini yaitu menjadi kampus benteng Pancasila. UNS diharapkan bisa menjadi kampus percontohan dalam penerapan nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam menangkal paham radikal serta intoleran,” ujarnya seperti disampaikan dalam keterangan resmi Humas UNS, diterima Sabtu (11/8/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper