Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Siapkan Rp500 Miliar Untuk Bandara Cikembar di Sukabumi

Pemerintah Jawa Barat menyatakan pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp500 miliar untuk pembangunan Bandara Cikembar, Sukabumi.
Suasana proyek pembangunan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, di Majalengka Jawa Barat, Minggu (21/5)./Antara-Novrian Arbi
Suasana proyek pembangunan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, di Majalengka Jawa Barat, Minggu (21/5)./Antara-Novrian Arbi

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Jawa Barat menyatakan pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp500 miliar untuk pembangunan Bandara Cikembar, Sukabumi.
 
Penjabat Gubernur Jabar M. Iriawan mengatakan pihaknya sudah mendapat kepastian terkait anggaran Bandara Cikembar, yang akan dialokasikan untuk pembebasan lahan dan konstruksi.

“Sudah ada kepastian. Untuk fisik Rp400 miliar, ditambah lahan Rp100 miliar lagi, jadi Rp500 miliar,” sebutnya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (10/8/2018).
 
Menurut Iriawan, kepastian ini cukup melegakan karena pembangunan bandara ini baru diinisiasi kurang dari satu tahun. Dia menilai rencana pemerintah mengembangkan kawasan Sukabumi Selatan sebagai pusat pertumbuhan baru diimbangi dengan percepatan komitmen penganggaran.  

Adapun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) diminta untuk mengalokasikan anggaran sebesar Rp50 miliar guna membantu proses pembebasan lahan.

Iriawan memastikan pembangunan Bandara Cikembar akan beriringan dengan rencana Pemprov Jabar membuat pusat pariwisata di kawasan Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu.

“Kami juga merencanakan membeli lahan di kawasan Puncak Ciletuh,” tuturnya.

Pembangunan Bandara Cikembar pun diharapkan bisa segera terealisasi mengingat Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark sudah diakui dunia. Jarak dari lokasi calon Bandara Cikembar ke Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark sekitar 30 kilometer (km).  

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Jabar Dedi Taufik menerangkan ada tahapan-tahapan pembebasan lahan yang harus dilalui sebelum beranjak pada konstruksi. Kemudian, penyusunan tatanan kebandaraan serta revisi rincian tata ruang dan wilayah (RTRW) Kabupaten Sukabumi dan Jabar.

“Selanjutnya, penetapan lokasi atas surat ajuan dari provinsi ke pusat setelah itu rekomendasi untuk pembebasan lahan,” paparnya.
 
Namun, yang terpenting adalah penuntasan feasibility study dan masterplan Bandara Cikembar sebagai syarat penyusunan tatanan kebandaraan.  Pembangunan fisik diharapkan sudah dapat dimulai tahun depan.

Pembebasan lahan diperkirakan tidak akan tuntas pada 2018 mengingat waktunya sangat sempit. 
 
Pemprov Jabar juga berencana mengajukan pembangunan bandara ini ke daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).Meski layak PSN, Dedi menilai secara bertahap Cikembar bakal dikembangkan sebagai bandara internasional.

“Bertahap, tapi mungkin bandara perintis dulu, dengan panjang runway cukup 1.400-1.800 meter,” jelasnya.
 
Beberapa waktu lalu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menerangkan pembangunan bandara di Sukabumi serta jalan tol dan rel ganda untuk kereta Sukabumi-Bogor dimaksudkan untuk menjadikan wilayah tersebut sebagai destinasi wisata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper