PERKERETAAPIAN : Kemenhub Kurangi Jumlah KA Perintis

Oleh: Sri Mas Sari 10 Agustus 2018 | 02:00 WIB
Warga naik Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (1/8/2018)./JIBI-Arif Budisusilo

JAKARTA — Kementerian Perhubungan menargetkan akan mengoperasikan tujuh kereta api perintis pada tahun depan sejalan dengan pertumbuhan jumlah penumpang angkutan massal berbasis rel tersebut.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan jumlah kereta api (KA) perintis akan menjadi tujuh lintas seiring dengan pengalihan dua rute perintis menjadi KA kewajiban pelayanan publik atau public service obligation (PSO) dan penambahan satu KA perintis yakni lintas Makassar-Pare Pare.

Rute KA perintis adalah Krueng Mane—Krueng Geukeuh, Lubuk Alung—Kayu Tanam, Kertapati—Inderalaya, Purwosari—Wonogiri, Asrama Haji-OPI (LRT Palembang), Bandara Internasional Minangkabau (BIM—Padang Pariama dan Makassar—Pare Pare.

Dua KA perintis yang akan dinaikkan statusnya menjadi KA PSO pada 2019 adalah rute Sukabumi-Cianjur dan Mojokerto-Tarik-Tulungan-Sidoarjo.

Menurutnya, pengalihan menjadi angkutan PSO itu sejalan dengan pertumbuhan jumlah penumpang kedua KA perintis. Dengan pengalihan itu, tegasnya, biaya pengoperasian KA yang semula ditanggung penuh oleh pemerintah, akan ditanggung sebagian oleh operator yaitu PT KAI.

Semula, dengan KA perintis pemerintah menanggung se­luruh biaya operasional di­tambah 10% keuntungan ope­rator. Dengan skema PSO, pe­merintah hanya membayar selisih antara tarif operator de­ngan tarif yang ditetapkan pe­merintah. “Kami harapkan penum­pangnya semakin banyak untuk kami masukkan ke dalam skema pembiayaan PSO,” katanya, Rabu (8/8).

Khusus untuk KA BIM—Padang Pariaman yang baru diresmikan 21 Mei 2018, memiliki panjang lintasan 25 km. KA perintis BIM—Padang Pariaman diharapkan mengatasi kemacetan di wilayah perkotaan sekaligus menjadi alternatif moda transportasi BIM--Kota Padang yang memiliki kapasitas angkut cukup besar.

Adapun, pengoperasian LRT Palembang baru mencakup enam dari 13 stasiun sekadar untuk menunjang mobilitas kontingen dan official Asian Games 2018.

Khusus lintas Makassar--Pare Pare, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Zulmafendi mengatakan lelang operator KA di Sulawesi itu dibuka pekan depan setelah masa sanggah pascapenetapan pemenang lelang kontraktor selesai pekan ini.

Editor: Hendra Wibawa

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer